HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB NEGERI 3 YOGYAKARTA

APRIANTO BUDI NUGROHO (2011) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB NEGERI 3 YOGYAKARTA. UNSPECIFIED thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Retardasi mental adalah salah satu bentuk gangguan yang dapat ditemui di berbagai tempat, dengan karakteristik penderitanya yang memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata (IQ di bawah 75), dan mengalami kesulitan dalam beradaptasi maupun melakukan berbagai aktivitas sosial di lingkungan. Sebagian besar jumlah penderita retardasi mental dapat mengembangkan penyesuaian sosial dan vokasional yang balk bila terdapat lingkungan yang mau memahaminya dan memberi semangat kepadanya secara memadai. Sekiranya perlu dilakukan penelitian tentang dukungan sosial yang diperoleh dengan kemampuan sosialisasi pada anak retardasi mental.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan potong lintang. Sampel dari penelitian ini adalah 52 anak retardasi mental di SLB Negeri 3 Yogyakarta. Tiap sampel diukur dukungan sosial yang diterima dan kemampuan sosialisasinya kemudian dilakukan analisis data menggunakan Chi-Square.
Hasil: Data penelitian menunjukkan anak yang mendapat dukungan sosial sedang 27 (5 1,9%) anak dan dukungan sosial tinggi 25 (48,1 %) anak. Sedangkan kemampuan sosialisasi anak terdiri dari 26 (50%) rendah, 12 (23,1%) sedang dan 14 (26,9%) tinggi. Hasil uji chi-square menunjukan nilai p untuk hubungan antara dukungan sosial dengan kemampuan sosialisasi adalah 0,399 (p<0,05).
Kesimpulan: Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan kemampuan sosilisasi pada anak retardasi metnal di SLB Negeri 3 Yogyakarta.
Kata kunci : Dukungan Sosial. Kemampuan Sosialisasi. Retardasi Mental

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:12
Last Modified: 30 Mar 2022 03:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28348

Actions (login required)

View Item
View Item