Arvian Muhammad Bari (2011) PENGARUH R1WAYAT MASALAH NEONATAL TERHADAP PRESTAS1 AKADEMIK ANAK. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (100kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (574kB)
BAB I.pdf
Download (536kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (700kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (655kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (304kB)
Abstract
Latar Belakang: Periode neonatal merupakan periode bayi baru lahir sampai empat minggu pertama kelahiran. Periode ini merupakan periode yang tersingkat dari semua periode perkembangan, tetapi merupakan periode yang berbahaya. Periode ini berbahaya karena sulitnya menyesuaikan diri pada lingkungan yang baru. Anatomi dan fisiologi otak pada bayi baru lahir belum matur, adanya masalah neonatal dapat mengganggu proses pertumbuhan anak, perkembangan anak termasuk prestasi akademik mereka.
Tujuan Penelitian: Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara riwayat masalah neonatal dengan prestasi akademik anak pada usia sekolah dasar.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain kasus kontrol. Subyek penelitian ini adalah 50 murid sekolah dasar dari kelas 3 sampai kelas 6. Prestasi akademik ditentukan dengan rata-rata peringkat kelas anak, sedangkan riwayat masalah neonatal ditentukan dengan wawancara terstruktur. Riwayat masalah neonatal yang diteliti adalah BBLR, sepsis neonatal dan kejang neonatal. Kelompok kasus adalah anak yang menempati peringkat akademik 5 terjelek, sedangkan kelompok kontrol adalah anak yang menempati peringkat akademik 5 terbaik. Analisis statistik menggunakan perangkat cat maker.
Didapatkan 25 anak kelompok kasus dan 25 anak kelompok kontrol. Riwayat masalah neonatal didapatkan pada 4 anak dari kelompok kasus dan tidak didapatkan pada kelompok kontrol. Analisis statistik memberikan hasil : OR = 47,81 (95% CI = 34,72 — 60,90). Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa anak dengan riwayat masalah neonatal mempunyai resiko mengalami prestasi akademik yang jelek 47,81 kali dibanding anak tanpa riwayat masalah neonatal. Kejang mempunyai resiko terbesar menurunkan prestasi akademik (OR-21,83), sedangkan sepsis dan BBLR mempunyai OR masing-masing 10,46.
Kati rill/aunt masalah npnnatal rtrPctaQi alcaripmile faletnr rpearn
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 06:11 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 06:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28360 |