DAMPAK KEKERASAN DI SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL DAN PRESTASI PESERTA DIDIK SD NEGERI PROGOWATI KABUPATEN MAGELANG

Asrori Bahrodin (2012) DAMPAK KEKERASAN DI SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL DAN PRESTASI PESERTA DIDIK SD NEGERI PROGOWATI KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindak kekerasan yang ada di sekolah yang meliputi bentuk-bentuk kekerasan, faktor yang mendasari tindak kekerasan yang ada di sekolah, dampak yang ditimbutkan terhadap peserta serta solusi atau strategi yang dilakukan untuk mengatasi tindak kekerasan yang ada di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Progowati yang berada di Kabupaten Magelang dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan kondisi yang ada. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling atau sampel bertujuan yaitu beberapa siswa yang mengalami tindak kekerasan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data utama dan tambahan. Sumber data utama berupa wawancara dengan informan dan sumber data tambahan berupa buku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dart hasil penelitian bahwa kasus kekerasan terhadap peserta didik dapat terjadi dalam berbagai bentuk, yaitu bentuk kekerasan fisik yang umum terjadi di sekolah yang berupa melukai bagian dari tubuh siswa, kekerasan verbal yang berupa kata-kata yang tidak baik didengar seperti mencela, atau menghina. Adapun faktor yang mendasari adanya tindak kekerasan di sekolah adalah adanya kesalahan dari siswa itu sendiri maupun dari guru. Kesalahan siswa yang berupa tidak mengerjakan tugas dari guru, selain itu kesalahan dari guru seperti adanya masalah psikologis dalam diri guru tersebut. Dari adanya tindak kekerasan yang terjadi di sekolah akan berdampak bagi siswa, tentunya akan berdampak negatif terganttmg dari Jervis tindak kekerasan yang dilakukan o$eh guru. Kekerasan fisik akan menimbulkan luka-luka atau memar pada anggota badan. Kekerasan psikis akan berdampak pada psikologi anak, dimana anak akan merasa trauma, tidak senang„ merasa takut, merasa ndak aman, rasa pereaya diri turun, menyimpan dendam, bahkan dapat mengalami stress atau depresi. Dampak lain yaitu dampak sosial dimana anak akan menarik diri dari lingkungan pergaulan, sulit berkomtmikasi dengan pihak lain, sulit percaya pada orang lain, menjadi penctiam, dan cenderung menutup diri dari lingkungan. Solusi atau strategi yang dilakukan untuk mengatasi tindak kekerasan yang ada di sekolah dengan memberikan pembekatan dan pemberian wawasan atau pengetahuan tentang kekerasan kepada guru, menerapkan program pendidikan anti kekerasan, pemberian hukuman yang berkolerasi dengan kesalahan yang diiakukan siswa, dan pemberian bimbingan konseling baik kepada guru mum siswa yang mengalami tindak kekerasan.
Kata kunci: tindak kekerasan, guru, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:19
Last Modified: 30 Mar 2022 07:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28367

Actions (login required)

View Item
View Item