RINI HAJARWATI (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (547kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (625kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Nilai-nilai pendidikan akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, yang dapat ditegakkan melalui pendidikan, baik secara formal maupun nonformal, dengan berbagai media salah satunya novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Sang Pencerah serta relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan, dengan menggunakan metode analisis data yaitu analisis isi (content analiysis). Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral yaitu a) akhlak kepada Allah SWT, yang meliputi tagwa, ikhlas, raja', tawakal, syukur dan taubat, b) akhlak kepada Rasulullah SAW, yaitu mengikuti dan mentaati Rasul, tidak melakukan perbuatan yang tidak dicontohkan Rasul, c) akhlak pribadi, meliputi Shidig, syaja'ah, iffah, istigomah, tawadlu', sabar, amanah, d) akhlak dalam keluarga, yang meliputi birrul walidain, hak, kewajiban, dan kasih sayang suami istri, kasih sayang dan tanggung orang tua terhadap anak, silaturahmi dengan karib kerabat, e) akhlak bermasyarakat, yaitu meliputi adab bertamu dan menerima tamu, hubungan baik dengan tetangga, hubungan baik dengan masyarakat, ukhuwah islamiyah, f) akhlak bernegara, yaitu meliputi musyawarah, menegakkan keadilan, hubungan pemimpin dan yang dipimpin, dan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak tersebut dengan Pendidikan Agama Islam yaitu a) hubungan manusia dengan Allah yang ditunjukkan dengan nilai akhlak kepada Allah, b) hubungan manusia dengan sesama yang ditunjukkan dengan pendidikan akhlak dalam keluarga, masyarakat dan negara, yang termasuk di dalamnya akhlak terhadan Raculnllah «3 hubumoan manusia dengan diri sendiri dituniukkan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 01:34 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28377 |