Octavia Nadia Erviana (2021) EFL TEACHERS' PERCEPTION ON THEIR USE OF CODE SWITCHING IN LANGUAGE CLASSROOM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (498kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Bab I.pdf
Download (205kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (360kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (820kB)
Abstract
Code Switching (juga code-switching, CS) adalah praktik bolak-balik antara dua bahasa atau antara dua dialek atau register dari bahasa yang sama pada satu waktu. Peralihan kode dapat dianggap sebagai pergantian bahasa untuk membantu siswa dengan keterampilan rendah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Code-Switching di Jurusan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Selain itu, partisipan penelitian termasuk tiga dosen ELED perguruan tinggi Islam swasta di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru merasakan beberapa keuntungan dan kerugian dalam menggunakan Code-Switching. Keuntungan menggunakan alih kode termasuk dalam meningkatkan hubungan guru dengan siswa, membantu siswa untuk memahami materi yang sulit, dan membantu siswa untuk memahami materi yang sulit. Selain itu, penelitian ini juga menemukan kelemahan penggunaan alih kode berdasarkan perspektif guru. Kekurangan tersebut adalah siswa kurang eksposur bahasa Inggris, siswa kurang motivasi untuk menggunakan bahasa Inggris, mengarahkan siswa bergantung pada penggunaan L1. Berdasarkan temuan tersebut para guru disarankan untuk bijak dalam penggunaan alih kode. Selain itu, guru juga dapat meminimalkan kerugian dari alih kode.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 05:35 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 05:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2838 |