EFL TEACHERS' PERCEPTION ON THEIR USE OF CODE SWITCHING IN LANGUAGE CLASSROOM

Octavia Nadia Erviana (2021) EFL TEACHERS' PERCEPTION ON THEIR USE OF CODE SWITCHING IN LANGUAGE CLASSROOM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)

Abstract

Code Switching (juga code-switching, CS) adalah praktik bolak-balik antara dua bahasa atau antara dua dialek atau register dari bahasa yang sama pada satu waktu. Peralihan kode dapat dianggap sebagai pergantian bahasa untuk membantu siswa dengan keterampilan rendah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Code-Switching di Jurusan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Selain itu, partisipan penelitian termasuk tiga dosen ELED perguruan tinggi Islam swasta di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru merasakan beberapa keuntungan dan kerugian dalam menggunakan Code-Switching. Keuntungan menggunakan alih kode termasuk dalam meningkatkan hubungan guru dengan siswa, membantu siswa untuk memahami materi yang sulit, dan membantu siswa untuk memahami materi yang sulit. Selain itu, penelitian ini juga menemukan kelemahan penggunaan alih kode berdasarkan perspektif guru. Kekurangan tersebut adalah siswa kurang eksposur bahasa Inggris, siswa kurang motivasi untuk menggunakan bahasa Inggris, mengarahkan siswa bergantung pada penggunaan L1. Berdasarkan temuan tersebut para guru disarankan untuk bijak dalam penggunaan alih kode. Selain itu, guru juga dapat meminimalkan kerugian dari alih kode.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2021 05:35
Last Modified: 23 Sep 2021 05:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item
View Item