PENGARUH PENERAPAN APLIKASI PENGINGAT MINUM OBAT OTOMATIS (AUTOMATIC MEDICATION REMINDER) TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI BP4

AHMAD ALI ZULKARNAIN (2012) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI PENGINGAT MINUM OBAT OTOMATIS (AUTOMATIC MEDICATION REMINDER) TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI BP4. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

Pengaruh Penerapan Aplikasi Pengingat Minum Obat Otomatis (Automatic Medication Reminder) Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Tuberkulosis Paru
Ahmad Ali Zulkarnaintl , dr. Agus Widyatmoko, Sp.PD2, dr. Akhmad Syaiful Fatah husein3. 1 Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2Bagian Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 3Bagian Informatika Kesehatan Fakultas Kedoktera dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Intisari Tuberkulosis (TB) dapat disembuhkan dengan pengobatan yang rutin dan teratur. Program pengingat minum obat otomatis adalah cara yang diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan pasien TB untuk minum Obat Anti Tuberkulosis (OAT) meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program pengingat minum obat otomatis terhadap kepatuhan pasien tuberkulosis pare dalam minum Obat Anti Tuberkulosis (OAT). Penelitian ini merupakan studi eksperimen kuasi. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat melalui kuesioner yang diberikan kepada 32 pasien tuberkulosis pare di Balai Pengobatan Pain-Para (BP4) Yogyakarta. Sampel dibagi dalam dua kelompok, kontrol dan kelompok intervensi. Setiap kelompok berisi 16 pasien. Analisis dilakukan menggunakan metode Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 pasien (37,5%) dalam kelompok kontrol yang tidak patuh dalam minum obat, dan 10 pasien (62,5%) yang memenuhi kriteria patuh. Sedangkan dan kelompok intervensi hanya 1 pasien (6,25%) yang tergolong tidak patuh dan 15 pasien (93,7%) yang tergolong pasien patuh minum obat. Berdasarkan hasil tes analisis, p-value = 0.001, atau p<0.05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata dalam kepatuhan minum obat pasien TB yang mendapatkan pengingat minum obat otomatis.
4,e11,11
nenqingat minum obat, kepatuhan

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:05
Last Modified: 31 Mar 2022 07:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28439

Actions (login required)

View Item
View Item