RIYA PURNAMASARI (2015) ANALISA GERUSAN PADA PILAR JEMBATAN MENGGUNAKAN HEC-RAS 4.1.0 (STUDI KASUS JEMBATAN BANTAR, SUNGAI PROGO). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (275kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (962kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (990kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (381kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (165kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
INTISARI
Sungai Progo atau Kali Progo adalah sebuah sungai mengalir dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliN panjang b#rkisar I40 lori. Di sepanjang Sungai Progo terdapat beberapa infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah salah $PtttHfa adalah jembatan. beherapa groundsill dan bendung Jembatan
Selain jembatan _iuga terda Bantar merupakan salah satu jembatan yang dibangun melinta diatas Sungai Progo. Erup5i Gunung Merapi an f#f;Jndi pada tanggal 26 OHober 3010
mengeluarkan berbagai material vulkanik Pasta letusait
Gunung Merapi yang disertui hujan yang terns-menerus mengalirkan lahar dingin ke sungai. Salahai yang berhulu di
Merapi adalah Sungai Progo. Akibat letusan Gunung Merapi, membaca banyak sedimen pada aliran di sepanjang Sungai Progo. Adanya sedimen letusan Gunung Merapi tersebut
lidak ñiperhitungLan unluk pembuatan
infrastrtfktur di sePanjang Sungai Progo.
Untuk men$etahui kondisi gerusan lot:al pada pilar jembatan
ZftOkOperlu dilakukan analisa tentang pengaruh ketinggian groundsill terhadap german lokal yang melibatkan input sedimen dari lahar dingin. Salah satu program aplikasi
yang berhubungan dengan hidraulika dan angkutan sedimen aâalah Rrogram HEC-RAS 4. I.O.
Metode penelitian dilakukan dengan membandingkan gerusan pada pilar jembatan dengan membandingkan kondisi eksisting dan rencanaknn variasi ketinggian grourAi// Data debit yang di nakan adalah debit harian rata-rata Stmiun Duwei di ambil dari bulan Oktober 2010 sampai bulan Juni 2011.
Dengan menggunakan *’oJfwnre HEC-RAS salurorJsungai yang melibatkan input sedimen.
4.1.0 dlla tt an pemodelan
Berdasarkan hasil simulasi software HEC-RAS 4.1.0 menunjukkan bo/twn gerusan yang dihasilkan bervai iasi setiap hlllfipfsfp yang dikarenakmn bervariasinya nilai debif setiap bulannyo. Saat debit sungai tinggi gerusan yang
terjadi .semakin dalam. Hasil Simulasi menunjuKkan gerusan akan semakin kecil dengan semakin tingginya groundsill. Yal ini menunjukkan ketinggian groundsill akan mempengaruhi kedalaman gerusan.
Kata Kunci : Sungai Progo, pilar jembatan, german,
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 09 Apr 2022 06:01 |
Last Modified: | 09 Apr 2022 06:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28446 |