PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP INTENSITAS NYERI PADA PASIEN PASCA SECTIO CAESARIA DI RSUD CILACAP

Andika Pratama Nurhadi Wibowo (2011) PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP INTENSITAS NYERI PADA PASIEN PASCA SECTIO CAESARIA DI RSUD CILACAP. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)

Abstract

Pengaruh terapi musik terhadap intensitas nyeri pada pasien pasca sectio cesarian di RSUD Cilacap PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP INTENSITAS NYERI PADA PASIEN PASCA SECTIO CESARIAN DI RSUD CILACAP Andika Pratama1, Ardi Pramono2 1Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, 213agian Anestesi
FKIK UMY INTISARI
Ibu yang melahirkan pasti nyeri. Nyeri juga terjadi ketika ibu melakukan operasi sectio cesarian saat melahirkan. Musik mampu meredakan kecemasan para ibu yang akan melahirkan dan membantu mengeluarkan endofrin.Pertelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terapi musik terhadap intensitas nyeri pasca sectio cesarian di Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap. Meto-de yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pretest posttest quasi experimental. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Cilacap dengan pengambilan sampel secara Non-Random Sampling. Data terdiri dari data primer berupa data skala nyeri pre-test terapi musik dan skala nyeri post-test terapi musik pada pasien post operasi sectio cesarian dan data sekunder yang berupa data dokumentasi daftar nama pasien. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 1 — 12 Juii 2010. Hasil observasi menunjukkan skala nyeri pre test terapi musik pasien pasca operasi sectio caesaria adalah skala 1 sebanyak 0 orang (0,00%), Skala 2 sebanyak 4 orang (20,00%) dan skala 3 sebanyak 16 orang (75,00%) . Sedangkan pada post test, skala 1 sebanyak 4 orang (20,00%), skala 2 sebanyak 9 orang (45,00%) dan skala 3 sebanyak 7 orang (35,00%). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa t hitung(3,42) > t tabel(3,182). Jadi kesimpulannya, karena t hitung > t table berarti data sampel rnendukung adanya perbedaan yang bermakna (signifikan), dengan kata lain ada pengaruh terapi musik terhadap intensitas nyeri pada pasien pasca operasi sectio cesarian di Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap.
WY _ - 1," • A Jr__ _!1_ AT_ Ct, Arr." hi nvori era.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:05
Last Modified: 01 Apr 2022 02:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28454

Actions (login required)

View Item
View Item