EVALUASI KEAKTIFAN LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN LANSIA DI POSYANDU ADJI YUSWO NGEBEL TAMANTIRTA KASIHAN BANTUL

ALFIN MUNBAHIJ (2012) EVALUASI KEAKTIFAN LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN LANSIA DI POSYANDU ADJI YUSWO NGEBEL TAMANTIRTA KASIHAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)

Abstract

Proses menua dapat menimbulkan berbagai masalah balk secara fisik, biologis, mental maupun sosial ekonomis. Semakin lanjut usia, mereka akan mengalami kemunduran terutama dibidang kemampuan fisik, yang dapat menyebabkan penurunan peran sosial. Hal ini mengakibatkan timbulnya gangguan dalam hal mencukupi kebutuhan hidup sehingga dapat meningkatkan ketergantungan yang memerlukan bantuan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat keaktifan lansia mengikuti posyandu lansia terhadap tingkat kemandirian lansia di posyandu Adji Yuswo Ngebel Tamantirta Kasihan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan dianalisis secara korelasional. Besar sampel adalah 51 lansia yang mengikuti posyandu lansia Adji Yuswo dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner katz indeks. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Spearmans Rho. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat keaktifan responden yang tergolong aktif sebanyak 41,2%, aktif sedang sebanyak 31,4%, dan kurang aktif sebanyak 27,5%. Tingkat kemandirian responden yang tergolong mandiri sebanyak 66,7% dan ketergantungan sebanyak 33,3%. Uji korelasi Spearmans Rho hubungan antara keaktifan lansia dengan tingkat kemandirian lansia diperoleh nilai signifikansi (p) = 0,019 dan nilai koefisiensi korelasi (r) = 0,329. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan lansia mengikuti posyandu lansia Adji Yuswo terhadap kemandirian lansia dengan nilai signifikansi (p) = 0,019 (p < 0,05) dan nilai koefisien korelasi (r) = 0,329. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan lansia agar selalu aktif mengikuti posyandu lansia sehingga tingkat kemandiriannya semakin baik dan hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup lansia.
Kata Kunci: Keaktifan, Lansia, Tingkat kemandirian

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2022 14:27
Last Modified: 02 Apr 2022 14:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28493

Actions (login required)

View Item
View Item