KEPUASAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI DOKTER-PASIEN DI PUSKESMAS

Mira Delima Asikin (2007) KEPUASAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI DOKTER-PASIEN DI PUSKESMAS. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Komunikasi dokter-pasien merupakan landasan yang penting dalam proses diagnosis, terapi maupun pencegahan penyakit. Dalam beberapa kasus di Primary Care banyak dijumpai dokter yang keliru mendiagnosis karena adanya hambatan dalam komunikasi. Pada praktik dokter yang sibuk komunikasi yang terjadi hanya sangat singkat. Ketidakpuasan sebagian pasien terhadap layanan dokter karena merasa kurang diperhatikan dan tidak ada kesempatan dalam mengungkapkan perasaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepuasan pasien dengan durasi komunikasi dokter-pasien di Puskesmas. Metode penelitian menggunakan rancangan cross-sectional dengan jenis penelitian analitik. Pengumpulan data menggunakan kuisioner kepuasan yang diisi langsung oleh responden dan observasi langsung oleh peneliti terhadap durasi komunikasi dokter pasien. 64 responden pasien terpilih secara acak dan delapan Puskesmas tempat dokter Primary Care memberikan pelayanan. Analisis data menggunakan uji Spearman Correlation. Hasil penelitian didapatkan rata-rata durasi komunikasi dokter-pasien 2,96±1,27 menit. Dari delapan komponen kategori (greeting, non-verbal, empathy, language, listening, giving information, summarizing, motivation) tingkat kepuasan pasien yang tertinggi pada empathy (64,1%) dan yang terendah pada listening (7,8%). Skor kepuasan pasien terhadap dokter perempuan lebih tinggi daripada dokter laki-laki (p= 0,026). Terdapat korelasi sedang (r = 0,444,, p<0,005) antara kepuasan pasien dengan komunikasi dokter-pasien di Puskesmas. Dan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan sedang antara kepuasan pasien dengan komunikasi dokter-pasien di Puskesmas. Ini ditunjukkan dan hasil analisis data Spearman dengan p < 0,001 (p < 0,05).
Kata kunci: komunikasi dokter-pasien, durasi komunikasi dokter-pasien, kepuasaft pasien, primary care, puskesmas

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:45
Last Modified: 04 Apr 2022 03:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28515

Actions (login required)

View Item
View Item