TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENUMPATAN GIGI DENGAN BAHAN GLASS IONOMER DI POLIKLINIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Nia Gusmawaty (2009) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENUMPATAN GIGI DENGAN BAHAN GLASS IONOMER DI POLIKLINIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi di Poliklinik UMY khususnya pelayanan penumpatan dilihat dari tingkat kepentingan (nilai harapan) dengan kenyataan yang diperoleh (nilai kepuasan). Metode penelitian menggunakan metode analisis Skala LIKERT tentang kepuasan pasien dalam menggunakan pelayanan kesehatan dan dalam menerima pelayanan penumpatan di Polilklinik UMY dengan memberi kuesioner berupa pelayanan kesehatan dan pelayanan penumpatan, kemudian diminta penilaiannya oleh pasien. Pelayanan tersebut dipandang dari tingkat kepuasan antara hasil skor harapan pasien dan kinerja yang dirasakan pasien. Kuesioner diberikan kepada 100 pasien Polildinik UMY yang pernah menerima ataupun menerima pelayanan penumpatan pada saat penelitian dilakukan. Dimana dalam hal ini hasil daripada koordinat variabel skor kepuasan dan variabel skor harapan dimasukkan kedalam Matrik Prestasi-Kepentingan. Namun sebelumnya pada butir pertanyaan kuesioner dilakukan uji validitas dan realibiltas. Uji validitas menggunakan teknik Pearson Correlation dan hasilnya menunjukkan masing-masing atribut memiliki nilai signifikansi < 5%, Sehingga disimpulkan butir-butir pertanyaan yang digunakan dalam penelitian ini semuanya valid. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha, diperoleh nilai Cronbach's Alpha masing-masing atribut > 0,5 disimpulkan butir-butir pertanyaan semuanya reliabel. Diperoleh hasil dari jumlah rata-rata pada Indeks Kepuasan Pasien (IKP) terhadap atribut di Poliklinik UMY menunjukkan pada atribut fisik diperoleh hasil 0,28, atribut keandalan 0,97, atribut jaminan 0,93, dan atribut penumpatan GI 0,28. Hasil penjumlahan dari seluruh atribut yaitu 1,90 > 0. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan pasien merasa puas terhadap atribut Poliklinik UMY. Pasien puas terhadap kinerja dimensi-dimensi keandalan, jaminan dan penumpatan GI. Sedangkan ketidakpuasan pasien terdapat pada dimensi fisik.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:40
Last Modified: 04 Apr 2022 07:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28543

Actions (login required)

View Item
View Item