PERBANDINGAN EFEKTIFITAS CUCI TANGAN MENGGUNAKAN ALKOHOL 70Y6, SABUN DAN IRGASAN DP 300 TERHADAP PENURUNAN JUMLAH BAKTERI

PINTER HARTONO (2008) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS CUCI TANGAN MENGGUNAKAN ALKOHOL 70Y6, SABUN DAN IRGASAN DP 300 TERHADAP PENURUNAN JUMLAH BAKTERI. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

INTISARI Mikroorganisme yang ada di tangan sering menyebabkan penyebaran infeksi nosokomial. Salah satu cara untuk mengurangi penyebaran infeksi nosokomial adalah dengan mencuci tangan dengan benar dan memilih bahan antiseptik yang balk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah antiseptik alkohol 70%, sabun dengan bahan aktif Clorhexidine Gluconate 4% dan Irgasan DP 300 memiliki efektifitas dalam menurunkan jumlah kuman. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui jenis antiseptik yang paling baik dalam menurunkan jumlah kuman. Jenis penelitian .ini adalah eksperimenta1 ilaboratorium, _Pengukuran dan pengambilan data dilakukan secara Randomized Control Trial. Sampel kuman diambil dari tangan perawat yang bekerja di rumah sakit. Jumlah respondent untuk Alkohol 70 % sebanyak 20 responden, Sabun sebanyak 20 rtsponden, dan Irgasan sebanyak 20 orang. Pengambilan sampel pada salah satu telapak tangan dilakukan sebelum dan sesudah respondent mencuci tangan. Setelah pengambilan sampel kemudian di kuitur pada media TSA selama 24 jam pada 37°C. Kemudian dilakukan penghitungan jumlah koloni yang ada. Jumlah kuman yang ada di analisa menggunakan t paired sampel test dan One way Anova. Jumlah rata- rata kuman sebelum mencuci tangan menggunakan Sabun, Alkohol dan Irgasan adalah 161.9, 168.7, 129.6. Juntlah rata-rata kuman setelah mencuci tangan menggunakan Sabun, Alkohol, Irgasan adalah 47.4, 45.6, 69.7.Dari hasil uji statistik didapatkan nilai p pada ketiga antiseptik sebesar 0.00 yang berarti ketiga antiseptik efektif dalam menurunkan jumlah kuman. Rata-rata penurunan jumlah kuman dengan mencuci tangan.menggunakan Sabun .sebesar 69.4 %, .Alkohol sebesar 72.61% dan Irgasan DP 300 sebesar 46.80%. Alkohol merupakan antiseptik yang paling baik dalam menurunkan jumlah .kuman yang ada di -tangan idibandingkan ,Sabun antiseptik atatt Irgasan DP 340 tirituk mencegah penyebaran infeksi nosokomial.
Kata kunci : cud tangan, Alkohol, Sabun, Irgasan
iMahasiswa Fakultas Kedoteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:17
Last Modified: 05 Apr 2022 03:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28561

Actions (login required)

View Item
View Item