PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEJADIAN MIOPI PADA MATA ANAK

RENDY RETNANDY (2012) PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEJADIAN MIOPI PADA MATA ANAK. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)

Abstract

Game online merupakan game yang memanfaatkan koneksi interne sebagai jembatan penghubung antar para user (gamer) yang memainkan game online. Game ini sangat popular di Indonesia dari anak-anak hingga dewasa. Mayoritas game online dimainkan melalui komputer sehingga membuat anak-anak tidak cepat bosan menghabiskan waktu di depan komputer dan menyebabkan mata harus berakomodasi terus menerus. Kekuatan akomodasi akan meningkat jika jarak benda semakin dekat. Selain itu layar monitor komputer menghasilkan radiasi dan gelombang elektromagnetik yang dapat berbahaya bagi kesehatan mata. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang hal ini. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan responden penelitian adalah siswa laki-laki kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Sampel diperoleh dengan menggunakan stratified random sampling dan didapatkan sampel 60 siswa. Sampel dibagi menjadi tiga kelompok penelitian yaitu masing-masing 20 siswa untuk kelompok bermain game online kurang dari 2 jam, 2 sampai 6 jam, dan lebih dari 6 jam. Data diolah dengan menggunakan program komputer dengan metode regresi logistic. Intensitas bermain game online berpengaruh terhadap timbulnya miopi sebesar 17,4%. Angka kejadian timbulnya miopi pada anak yang bermain game online dengan intensitas 2 sampai 6 jam perhari adalah 3 kali lebih besar daripada anak yang bermain game online dengan intensitas kurang dari 2 jam perhari. Begitu pula dengan anak yang bermain game online dengan intensitas lebih dari 6 jam perhari memiliki risiko 3 kali lebih besar terkena miopi daripada anak yang bermain game online dengan intensitas 2 sampai 6 jam perhari.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:43
Last Modified: 05 Apr 2022 06:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28577

Actions (login required)

View Item
View Item