PERBANDINGAN PEMBERIAN FKSTRAK KAYU SIWAK (Salvadora persica) 50Ya DAN LARUTAN SODIUM FLUORIDA 24 TERHADAP KETAHANAN EMAIL GIGI Rattus norvegicus

SHERLI DIANA (2008) PERBANDINGAN PEMBERIAN FKSTRAK KAYU SIWAK (Salvadora persica) 50Ya DAN LARUTAN SODIUM FLUORIDA 24 TERHADAP KETAHANAN EMAIL GIGI Rattus norvegicus. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

INTISARI Siwak (Salvadora persica) mempunyai zat anti bakteri yang bisa mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut sehingga gigi menjadi sehat dan mencegah gigi karies serta efek disinfektan yang terdapat di dalam siwak dapat digunakan untuk menghentikan perdarahan gusi. Sedangkan sodium fluorida menghambat dekalsifikasi dan pelarutan email dalam mulut serta remineralisasi email gigi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh ekstrak kayu siwak 50% dan larutan sodium fluorida 2% terhadap ketahanan email gigi Rattus norvegicus. Subjek penelitian ini adalah 10 Rattus norvegicus yang berumur 20 hari. Dalam waktu 30 hari Rattus norvegicus diberi makan dan minum yang sama dengan perlakuan yang berbeda yaitu gigi rahang bawah 5 Rattus norvegicus di oleskan ekstrak kayu siwak 50% dan gigi rahang bawah 5 Rattus norvegicus lainnya dioleskan larutan sodium fluorida 2%. Setelah 30 hari semua Rattus norvegicus didekapitasi dengan menggunakan ether. Setelah itu, rahang bawah Rattus norvegicus diambil kemudian diolesi gel asam fosfat 37% selama 60 detik selanjutnya dibersihkan dengan air suling atau aquades dan dilakukan rontgen secara digital periapikal. Kemudian di skor untuk mendapatkan data masing-masing variabel selanjutnya dilakukan uji statistik dengan uji Mann-Whitney Test. Hasil uji statistik dengan Mann-Whitney Test didapatkan (p=0,419) karena (p>0,05) berarti mempunyai pengaruh yang tidak berbeda secara signifikan antara ekstrak kayu siwak 50% dan larutan sodium fluorida 2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kayu siwak 50% dan larutan sodium Fluorida 2% memiliki pengaruh yang tidak berbeda secara signifikan terhadap ketahahan email gigi Rattus norvegicus yang dinilai dengan skor yang menggunakan. 5. poin skala kepercayaan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:28
Last Modified: 06 Apr 2022 04:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28607

Actions (login required)

View Item
View Item