KESESUAIAN LAYOUT RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH NANGGULAN YANG OPTIMAL BERDASARKAN STANDAR RUMAH SAKIT INDONESIA

DANU YUDISTIRA (2011) KESESUAIAN LAYOUT RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH NANGGULAN YANG OPTIMAL BERDASARKAN STANDAR RUMAH SAKIT INDONESIA. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Rumah Sakit Umum (RSU) PKU Muhammadiyah Nanggulan adalah sebuah rumah sakit dengan tipe D, yang terletak di Kabupaten Kulonprogo DIY. Kondisi layout di RS PKU Muhammadiyah Nanggulan saat ini dirasa masih belum mengacu pada standar rumah sakit tipe D seperti persyaratan PERMENKES (Pedoman Penyelenggara Rumah Sakit) Nomor 44/2009 Tentang Rumah Sakit. Akibatnya, kelancaran proses pelayanan terhadap pasien serta performansi pekerja seringkali mengalami hambatan. Untuk mengatasi masalah layout di RS PKU Muhammadiyah Nanggulan maka perlu dilakukan pengaturan ulang layout ruang dan aktivitas pendukungnya untuk menunjang proses pelayanan kesehatan terhadap pasien. Selain itu perlu diperhatikan pub aliran proses yang berkaitan dengan proses pelayanan kesehatan terhadap pasien tersebut. Pengaturan layout yang diusulkan penelitian ini diharapkan dapat memperlancar proses pelayanan kesehatan terhadap pasien, kinerja karyawan yang optimal sehingga proses pelayanan dapat berjalan lancar.
'Fujitsu penelitian: Penelitian ini bertujuan merancang tata layout fasilitas ruangan yang ada sehingga sesuai dengan standart rumah sakit berdasarkan PERMENKES (Pedoman Penyelenggara Rumah Sakit) Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Dengan demikian berbekal simulasi rancangan layout tersebut kegiatan pelayanan diharapkan lebih optimal dan da-pat mengurangi panjang lintasan penanganan pasien.
'Yletode: Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Obyek penelitian adalah layout ruangan yang ada RS PKU Nanggulan termasuk seluruh sumberdaya manusia yang melakukan aktivitas fisik dalam rumah sakit tersebut. Penelitian menggunakan instrumen berupa checklist dan )anduan observasi untuk mencatat jarak (dalam meter) antara satu ruangan dengan ruangan iainnya yang ada di rumah sakit. Selain itu, digunakan pula formulir untuk mencatat jumlah lalu-lalang atau pergerakan manusia dari satu ruang ke ruang lainnya. Data yang sudah dikumpulkan ;elanjutnya dianalisis guna menemukan layout yang efisien dengan alat bantu program POM for Windows. Ouput yang dihasilkan POM for Windows dapat menunjukkan optimalisasi layout yang lebih efisien dibanding dengan layout yang ada saat ini.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan simulasi olahan POM FOR WINDOWS yang telah di mod- kan memenuhi kritera atau persyaratan Standar Rumah Sakit menurut PERMENKES (Pedoman Penyelenggara Rumah Sakit) Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, yang didalamnya mengatur Standar Rumah Sakit letak UGD seharusnya mudah dicapai dengan rambu-rambu yang jelas dari jalan utama maupun dan dalam RS yang bersangkutan. Ruangan UGD harus berdekatan dengan Radiologi, Laboratorium, dan Ruangan operasi (OK). Contoh )enetapan tata ruang berdasarkan Standar Rumah Sakit menurut PERMENKES (Pedoman 3enyelenggara Rumah Sakit) Nomor 44 Tahun 2009 diusulkan peneliti ke dalam denah RS 'KU Nanggulan sebagai masukan untuk RS tersebut.
iC2t9 ICianci! frun■t Pk-AAP:MK-FS Ontimolicami nPlavanan namirn

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:48
Last Modified: 25 Nov 2022 07:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28653

Actions (login required)

View Item
View Item