Muhammad Afif Irfan (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RANAH BHUMI DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (373kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Bab I.pdf
Download (256kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (962kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
<p>Penelitian ini mengkaji tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh toko kelontong terkurasi yaitu Toko Ranah Bhumi di tahun 2020. Strategi pemasaran yang dilakukan mempunyai tujuan agar masyarakat di sekitar Yogyakarta mempunyai kesadaran untuk menggunakan bahan organik yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh toko Ranah Bhumi dalam membangun <em>brand awareness </em>di tahun 2019 - 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan Bauran Pemasaran atau <em>Mix Marketing</em>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Prawirotaman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data dan penyajian data dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran dalam membangun <em>brand awareness</em> yang dilakukan oleh Ranah Bhumi sudah cukup tepat. Keberhasilan membangun <em>brand awareness</em> tersebut dapat dilihat dari penjualan produk yang terus bertambah dan pemasaran organik dari Ranah Bhumi yang berjalan dengan baik. Strategi pemasaran pada bauran komunikasi yang menjadi keunggulan pada Ranah Bhumi adalah media interaktif dan <em>word of mouth. </em>Media interaktif menjadi strategi yang diunggulkan karena konsumen Ranah Bhumi sebagian besar berasal dari luar Yogyakarta. Sedangkan keunggulan dari word of mouth adalah interaksi pemasaran yang dilakukan terjadi secara organik sehingga sesuai dengan visi dari Ranah Bhumi.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 05:12 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 05:12 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2866 |