DWI SEPTI MINTARSIH (2009) PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF SISWA DI SDN MONGGOL I SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (175kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (284kB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (483kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (214kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan vtuk mengungkapkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam,
mengungkaplun usaha guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan ranah afemf khususnya materi
fiqh dan mengetahui liambaan yang dialami guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan ranah
afektif kbxusnya materi fiqh kepada siswa.
Peneli8an yang dilakukan di SDN Monggol I Saptosari Gunungkidul menggunakan pendekatan deskriptif
kuatitatif, subyek penelitian addah kelas N-VI SDN Monggol I Saptosari Kabupakn Gunungkidul yang
bejumlah 54 sisno dan menggunakan penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan angket, observasi,
interview yang bermanfaat untuk mengungkapkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sikap
siswa dalam pengembangan ranah afektif, usaha dai
yang dialami gum pendidikan agama Islam dalam pengembangan ranah afeknf siswa Oususnya materi fiqh.
Data yang didapai dianalisis menggunakan, analisis
£tiantiinfi,f(penyajian data prosentase) dan analisis kualitatif(memaknai prosentase dengan
berfikir d&uktif induktif dan ñtarik kesimpulan).
Hasil analisis mengungkapkan proses pem&lajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Monggol I Saptosari
Gunungkidul yang dilaksanakan dengan menyampaikan materi dalam Kurikulum Trap Satuan Pendidikan,
usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif melalui: peningkatan
metode pembe&jaran, penambahan jam pelajanin, pemberian Peke aan Rumah, memberikan nilai terfiadap
hasil P@ guru sebagai figur baik di lingkungan sekolah dan ma arakat serta hambatan dalam
pembelajamn Pendidikan Agama Islam yaiN lingkungan tidak mendukung ranah afektif, terbatasnya
sumber ilmu, keterbatasan waktu, su. itnya pengamatan guru di masyarakat, buku Ramadhan tidak
menjamin keberhasilan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 01:55 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 01:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28679 |