IWAN DEWANTO (2011) ANALISIS PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN ASRI MEDICAL CENTER (AMC) MENGGUNAKAN DANA SEHAT MUHAMMADIYAH (DSM) (STUDI KASUS). S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (193kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (583kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (386kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (587kB)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB VIII.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (556kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (416kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Intisari
DSM (Dana Sehat Muhammadiyah) merupakan institusi yang menjalankan proses
manage care mempunyai peserta dari organisasi Muhammadiyah di Yogyakarta. DSM
diharapkan dapat membantu pemasaran dari AMC (Asri Medical center) karena mempunyai
keunggulan dalam penyebarluasan informasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui
efektifitas program manage care DSM sebagai sarana pemasaran pelayanan kesehatan AMC
(Asri Medical center) dan 'RSGMP (Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan) di
yogyakarta
Jenis penelitian adalah deskriptif dengan rancangan studi kasus. Analisis data dilakukan
dengan membandingkan hasil analisis TOWS dan diagram kartesius harapan-kenyataan.
Kuesioner untuk penelitian harapan dan kenyataan berisi pertanyaan tentang servegual dari
Parasuraman. Batasan populasi untuk penyebaran kuesioner adalah pasien AMC peserta DSM
berumur lebih dari 18 tahun, selama periode awal buka (Nopember 2009) sampai dengan
bulan April 2010.
Hasil dari TOWS analisis untuk ancaman dan peluang (eksternal) di dapatkan bahwa
ancaman terbesar adalah komplain pasien yang berakibat pada pemutusan kontrak DSM dan
dokter/dokter gigi yang harus ontime. Kekuatan utama AMC adalah tempat yang strategis dan
fasilitas yang memuaskan. Kelemahannya adalah sistem rujukan berjenjang. Hasil kuesioner
dari diagram kartesius menunjukkan bahwa Peranan dokter dalam menangani kesembuhan
pasien (SDM — tenaga kesehatan), Jaminan sikap yang ramah (Assurance), layanan fasilitas
penunjang (Tangible), perhatian terhadap kebutuhan pasien (Empathy), layanan yang cepat
dan akurat serta ketrampilan tenaga kesehatan (Reliability) sudah sesuai antara harapan dan
kenyataan. Hasil yang belum sesuai dengan harapan dan kenyataan adalah harapan untuk
langsung mendapatkan pelayanan spesialistik dan kemampuan dokter dalam penyelenggaran
pelayanan kesehatan yang dinilai belum optimal.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dana Sehat Muhammadiyah ( DSM ) dapat
dijadikan bagian dari strategi pemasaran Asri Medical Center ( AMC ) dengan perbaikan
sesuai harapan peserta DSM. Peserta DSM yang menjadi bagian komunitas Muhammadiyah
dapat melakukan social connect dengan cara word of mouth. Strategi pemasaran ini dapat
dipilih menjadi model low budget high impact dan mempunyai dampak massal untuk
membentuk brand awareness AMC.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 07:16 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 07:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28721 |