PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

M. QOSIM. A (2009) PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan dan
pengajaran di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak dan Pengembangan
Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak. Selain itu
penelitian ini untuk mengetahui Peranan Pondok Pesantren Al-Munawwir
Krapyak terhadap pengembangan pendidikan Islam.

Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak
Yogyakarta. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif
yang bersifat tekstual berupa konsep dan tulisan. Aspek-aspek yang akan diteliti
adalah seputar apa dan bagaimana definisi, konsep, persepsi, pemikiran dan
argumentasi yang terdapat di dalam literatur yang relevan dengan pembahasan.
Oleh karena itu, data yang akan diambil dan dikaji berasal dari data verbal yang
abstrak kualitatif. Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode
kualitatif. Hal ini merupakan salah satu jenis metode yang menitik beratkan pada
penalaran yang berdasarkan realitas sosial secara objektif dan melalui paradigma
fenomenologis. Analisa data secara umum di lakukan dengan cara
menghubungkan apa yang di peroleh dari suatu proses kerja awal. Hal ini di
tujukan untuk memahami data yang terkumpul dari sumber, yang kemudian untuk
di ketahui kerangka berfikir peneliti.

Hasil analisis deskriptis mengungkapkan bahwa Peranan sebuah lembaga-
lembaga pendidikan Islam memang sangatlah penting dalam pelaksanaan
pendidikan Islam. Salah satunya yaitu lembaga-lembaga pendidikan yang berdiri
dibawah naungan pondok pesantren. Hal ini dikarenakan sebuah lembaga-
lembaga pendidikan Islam ini mempunyai tujuan tersendiri dalam meningkatkan
kualitas manusia sebagai makhluk yang beragama. Peranan Pesantren sebagai
lembaga pelaksanaan pendidikan Islam pertama yang mendukung kelangsungan
sistem pendidikan nasional, selama ini tidak diragukan lagi kontribusinya dalam

rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus mencetak kader-kader
intalaktial vano cian untuk manganreciaciban matanci karimiannya A1 masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 09 Apr 2022 01:52
Last Modified: 09 Apr 2022 01:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28736

Actions (login required)

View Item
View Item