PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG KANKER SERVIKS TERHADAP MOTIVASI IBU-IBU DALAM MELAKUKAN TES PAP SMEAR DI RT 09 DUSUN KRAPYAK KELURAHAN TRIHARJO KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

FITRIA RAHMAWATI (2012) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG KANKER SERVIKS TERHADAP MOTIVASI IBU-IBU DALAM MELAKUKAN TES PAP SMEAR DI RT 09 DUSUN KRAPYAK KELURAHAN TRIHARJO KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INTISARI Kanker serviks merupakan sebuah tumor ganas yang tumbuh dalam leher rahim/serviks. Data yang didapat dari Yayasan Kanker Indonesia (tahun 2007) menyebutkan setiap tahunnya sekitar 500.000 perempuan didiagnosis menderita kanker serviks dan lebih dari 250.000 meninggal dunia. Total 2,2 juta perempuan di dunia menderita kanker serviks. Salah satu hal yang menyebabkan tingginya angka kejadian kanker serviks pada wanita di Indonesia adalah kurangnya motivasi untuk melakukan tes pap smear yang merupakan deteksi dini adanya kanker serviks. Hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi yaitu dengan memberikan pendidikan kesehatan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan kesehatan tentang kanker serviks terhadap motivasi ibu-ibu dalam melakukan tes pap smear di RT 09 Dusun Krapyak Kelurahan Triharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan Quasy Eksperiment dengan desain pre post test with control group. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling yaitu pengumpulan sampel dimana responden ditetapkan berdasarkan kriteria inklusi. Sampel yang digunakan dalam penelitain ini adalah 40 responden yang dibagi menjadi 20 orang kelompok ekperimen dan 20 orang kelompok kontrol. Analisa data yang digunakan adalah Wilcoxon dan Mann whitney.
Hasil uji Wilcoxon kelompok eksperimen menunjukan nilai p Value sebesar 0,000 (p<0,05) dan uji mann whitney antara kedua kelompok menunjukan nilai signifikansi 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi melakukan tes pap smear pada wanita di RT 09 Dusun Krapyak Kelurahan Triharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta.
Kam Pendidikan Kesehatan. Kanker Serviks. Pay Smear, Motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:38
Last Modified: 12 Apr 2022 01:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28816

Actions (login required)

View Item
View Item