PERBANDINGAN TINGKAT KECEMASAN PRIMIGRAVIDA DAN MULTIGRAVIDA DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIROBRAJAN

HIDAYATUL KURNIAWATI (2007) PERBANDINGAN TINGKAT KECEMASAN PRIMIGRAVIDA DAN MULTIGRAVIDA DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIROBRAJAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)

Abstract

Kecemasan adalah pengalaman tidak menyenangkan yang terjadi ketika seseorang merasa khawatir atau ketakutan. Diperkirakan 2%-4% diantara penduduk di suatu fase dari kehidupannya pernah mengalami kecemasan. Sebagai seorang perempuan, kehamilan dan menghadapi persalinan merupakan salah satu fase yang dapat menyebabkan kecemasan. Dibandingkan dengan primigravida, multigravida lebih berpengalaman dalam menghadapi persalinan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kecemasan primigravida dan multigravida dalam menghadapi persalinan. Penelitian dilaksanakan tanggal 310 Juli 2007 di Puskesmas Wirobrajan Yogyakarta. Jenis penelitian adalah observasional dengan cara pendekatan cross sectional. Data diperoleh dengan kuisioner menggunakan teknik purposif sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah primigravida dan multigravida trimester tiga yang memenuhi kriteria inklusi dengan jumlah 30 responden. Setelah data diperoleh, dilakukan uji statistik dengan metode Independent-Sample 7' Test. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa responden primigravida dengan kecemasan ringan sebanyak 4 responden (13,33%), cemas sedang sebanyak 3 responden (10%), dan cemas berat sebanyak 1 responden (3,34%). Responden yang tidak mengalami kecemasan sebanyak 7 responden (23,33%) dan tidak ada primigravida yang mengalami tingkat kecemasan panik. Untuk responden multigravida hanya mengalami cemas ringan dan cemas sedang masing-masing 1 responden (3,34%). Responden yang tidak mengalami kecemasan sebanyak 13 responden (43,34%) dan tidak ada yang mengalami cemas berat dan panik. Hasil uji analitis statistik diperoleh nilai 0,033 yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi (P) yaitu 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari tingkat kecemasan primigravida dan multigravida dalam menghadapi persalinan di wilayah kerja Puskesmas Wirobrajan.
Kata kunci kecemasan, persalinan, primigravida, multigravida

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:55
Last Modified: 12 Apr 2022 06:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28843

Actions (login required)

View Item
View Item