PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS YANG TELAH MENERAPKAN STANDAR ISO (International Organization For Standardization) DENGAN YANG BELUM MENERAPKAN STANDAR ISO (International Organization For Standardization) DI KECAMATAN SEDAYU

Jezatun Nisa (2011) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS YANG TELAH MENERAPKAN STANDAR ISO (International Organization For Standardization) DENGAN YANG BELUM MENERAPKAN STANDAR ISO (International Organization For Standardization) DI KECAMATAN SEDAYU. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan adalah suatu respon pemenuhan kebutuhan konsumen sebagai hasil penilaian bahwa suatu produk atau jasa yang diberikan menimbulkan perasaan yang menyenangkan. ISO (International Organization For Standardization) merupakan badan standar dunia yang dibentuk sebagai koordinasi standar kerja internasional, publikasi standar harmonisasi internasional dan pormosi pemakaian standar internasional. ISO juga bertujuan untuk mengharmonisasi standar-standar nasional di masing-masing negara menjadi satu standar internasional yang sama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas yang sudah menerapkan standar ISO dengan yang belum menerapkan standar ISO di Kecamatan Sedayu dengan landasan teori Parasuraman (1990) yang mengidentifikasikan lima dimensi mutu pelayanan yaitu tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan) dan empathy (perhatian).
Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini mengambil responden berjumlah 94 pasien, yang terdiri dari 45 pasien di Puskesmas ISO dan 49 pasien di Puskesmas non ISO di Kecamatan Sedayu. Alat penelitian yang digunakan yaitu kuesioner yang sudah di uji validitas dan reabilitas. Hasil yang disajikan dalam persentase dan data statistik dengan mann-whitney test.
Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas ISO dan non ISO dengan nilai signifikansi 0,024. Pada dimensi tangibles (bukti fisik) dengan signifikansi 0,041, reliability (kehandalan) dengan signifikansi 0,047, responsiveness (ketanggapan) dengan signifikansi 0,014, assurance (jaminan) dengan signifikansi 0,008 dan empathy (perhatian) dengan signifikansi 0,026.
Katy Liunei • Kprmacan Pacien Plickegmac gerti fikaci ISO

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:11
Last Modified: 13 Apr 2022 04:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28872

Actions (login required)

View Item
View Item