Thesis #2889

Galih Hermawan (2021) UNSPECIFIED S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

<p><strong>Abstrak</strong></p>

<p>Tes kecakapan bahasa Inggris (EPT) menjadi faktor penting dalam menentukan karir seseorang, termasuk mahasiswa. Bahkan, tidak hanya mahasiswa jurusan Bahasa Inggris saja tetapi mahasiswa yang berasal dari jurusan non Bahasa Inggris juga dituntut untuk mendapatkan nilai tertentu di EPT agar bisa lulus. Masalah utamanya adalah siswa yang tidak berurusan dengan bahasa Inggris sehari-hari di perguruan tinggi mengalami beberapa kesulitan untuk memenuhi nilai EPT yang diinginkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana siswa mempersepsikan kesulitan dalam mengambil EPT dan bagaimana mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menerapkan metode pengumpulan data kualitatif dan desain penelitian fenomenologi untuk menggali lebih dalam terkait temuan penelitian. Penelitian dilakukan di salah satu PTS di Yogyakarta dan melibatkan enam mahasiswa sebagai partisipan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Temuan pertama terkait dengan persepsi mereka tentang sulitnya mengambil EPT. Temuan ini menunjukkan enam poin tentang bagaimana mereka mempersepsikan kesulitan dalam mengikuti EPT, yaitu pemahaman teks, kurangnya minat pada bahasa Inggris, kurang paham dengan topik, keterbatasan waktu, dan masalah administrasi ujian. Temuan kedua difokuskan pada strategi mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi EPT. Ada tiga poin yang digali yaitu meningkatkan eksposur bahasa Inggris, memaksimalkan mata kuliah yang diselenggarakan oleh universitas, dan melakukan praktek.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:31
Last Modified: 23 Sep 2021 04:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2889

Actions (login required)

View Item
View Item