PENGARUH DURASI MENDERITA DIABETES MELITUS TERHADAP DERAJAT NEUROPATI PERIFER (BERDASARKAN DIABETIC NEUROPATHY SCORE/DNS DAN DIABETIC NEUROPATHY EXAMINATION/DNE)

MARTINI AULYA SYAMSURIJAL (2007) PENGARUH DURASI MENDERITA DIABETES MELITUS TERHADAP DERAJAT NEUROPATI PERIFER (BERDASARKAN DIABETIC NEUROPATHY SCORE/DNS DAN DIABETIC NEUROPATHY EXAMINATION/DNE). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

Laity. belakang : Diabetes melihis (DM) merupakan salah satu masalah kesehatan terpenting tidak hanya di negara maju, taps juga di negara yang sedang berkembang. Tingginya angka morbiditas dan mortalitas yang diliubutigkan dengan komplikasi DM menyebabkan DM menjadi beban bagi pasien dan juga sosial. Neuropati diabetik perifer adalah komplikasi DM yang paling umum dan sexing menyusahkan dan kadang-kadang melumpuhkan atau bahkan menimbulkan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh durasi menderita DM terhadap derajat neuropati perifer berdasarkan skor DNS dan DNE. Meade : Penelitian ini menggunakan metode penelitian okervasional cmalitik dengan desain cross sectional study Sampel penelitian meliputi penderita DM iawat inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RSUD Wates Kulon Progo Yogyakarta sebanyak 66 &impel. Data penelitian diperoleh melalui obsetvasi dan pengukuran Variabel yang diawali peneatatan data sekunder dengan membaca status pasien di rumah sakit, selanjutnya wawancara langsung dengan sampel, anamnesis dan pemenisaan fisik. Setelah data masing-masing variabel terkumpul, kermidian dilakukan uji statistik korelasi Pearson, uji Chi Square dan Odds Ratio (OR). flasil : Hubungan yang signifikan dart uji statistik ditemukan diantara derajat neuropati perifer dengan variabel durasi menderita DM dan riwayat kardiovaskuler berdasarkan DNE dengan nilai p keduanya adalah <0,001. Variabel penyakit kardiovaskuler, hipertensi, riwayat hipertensi, dan merokok termasuk dalam faktor resiko derajat neuropati perifer yang signifikan yang ditunjukkan nilai OR >1. Kesit' npulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara durasi menderita diabetes melitus dan riwayat kardiovaskuler terhadap derajat neuropati perifer. Tidal( ditemukan hubungan antara derajat neuropati perifer dengan hiperglikemia, dislipidemia, riwayat dislipidemia, penyakit kardiovaskuler, BMI, dan tipe DM.
kunci - durasi inenderita DM. deraiat neuropati perifer, DNS, DIVE

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:41
Last Modified: 14 Apr 2022 02:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28906

Actions (login required)

View Item
View Item