MUHAMMAD FREDY ZULKIFLI (2022) PENGARUH KAMPANYE INFORMASI OBAT MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ANTIBIOTIK PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (580kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Bab I.pdf
Download (502kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (503kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (568kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (431kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG RESISTENSI ANTIBIOTIK MASIH SANGAT RENDAH, TERBUKTI PENELITIAN YANG DILAKUKAN OLEH WHO DARI 12 NEGARA TERMASUK INDONESIA, SEBANYAK 53-62% PASIEN BERHENTI MEMINUM OBAT ANTIBIOTIK KETIKA MERASA SUDAH SEMBUH. HAL INI DAPAT MENJADI ANCAMAN YANG BESAR BAGI KESEHATAN MASYARAKAT GLOBAL. PROGRAM KAMPANYE UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP ANTIBIOTIK MENJADI PRIORITAS WHO UNTUK MENGURANGI RESISTENSI ANTIBIOTIK. UNTUK ITU PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI PENGARUH KAMPANYE INFORMASI OBAT MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ANTIBIOTIK.
PENELITIAN INI TERMASUK DALAM JENIS PENELITIAN EKSPERIMENTAL, MENGGUNAKAN DESAIN QUASI EXPERIMENT DENGAN RANCANGAN TWO GROUP PRE-TEST AND POST-TEST WITH CONTROL GROUP DESIGN. UNTUK ANALISIS DATA DILAKUKAN DENGAN METODE WILCOXON DAN DILAKUKAN UJI MANN WHITNEY. SAMPEL PADA PENELITIAN INI ADALAH BAGIAN POPULASI YANG DIPILIH DENGAN METODE NONPROBABILITY SAMPLING JENIS PURPOSIVE SAMPLING. TOTAL SAMPEL PADA PENELITIAN INI ADALAH 140 SAMPEL YANG DIBAGI DALAM DUA KELOMPOK DENGAN MASING-MASING KELOMPOK TERDAPAT 70 RESPONDEN.
PADA KELOMPOK INTERVENSI TERDAPAT PENINGKATAN PENGETAHUAN, PERNYATAAN INI DIBUKTIKAN DARI ANGKA ASYMP. SIG. (2 TAILED) = 0,000 < 0 XSS=REMOVED> 0,05. BERDASARKAN DATA TERSEBUT RESPONDEN DARI KELOMPOK INTERVENSI DAPAT MENJAWAB LEBIH BANYAK PERTANYAAN DENGAN BENAR SESUDAH MENYAKSIKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TENTANG ANTIBIOTIK DIBANDINGKAN KELOMPOK KONTROL YANG TIDAK MENDAPATKAN PERLAKUAN APAPUN. DARI HASIL ANALISIS DATA YANG DIPEROLEH, BANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TENTANG ANTIBIOTIK SECARA SIGNIFIKAN MENINGKATKAN PENGETAHUAN RESPONDEN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ANTIBIOTIK.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANTIBIOTICS KNOWLEDGE LEVEL, ANTIBIOTIC VIDEO MEDIA |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 May 2022 03:13 |
Last Modified: | 18 May 2022 03:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29122 |