HAYUNINDYA PUTRI DANASTY (2022) CHALLENGES AND STRATEGIES ON THE IMPLEMENTATION OF COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING METHOD IN SPEAKING CLASSROOMS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (259kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Bab I.pdf
Download (92kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR KHUSUSNYA DI KELAS BERBICARA, ADA BEBERAPA METODOLOGI YANG TELAH DITERAPKAN DI KELAS UNTUK BELAJAR BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA ASING. SALAH SATU METODOLOGI YANG AKHIR-AKHIR INI MENJADI FAMILIAR DI KALANGAN GURU DAN SISWA ADALAH METODE PENGAJARAN BAHASA KOMUNIKATIF (CLT). SELAIN ITU, PADA PENELITIAN INI FOKUS PADA PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA KOMUNIKATIF MENURUT PERSPEKTIF GURU DAN DALAM PENELITIAN INI PESERTANYA ADALAH GURU. UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENELITIAN INI PENELITI MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF DENGAN DESKRIPTIF KUALITATIF SEBAGAI DESAIN PENELITI YANG BERFOKUS PADA PARTISIPAN KECIL DENGAN PERSPEKTIF YANG BERBEDA. UNTUK MENDAPATKAN PENGUMPULAN DATA PENELITIAN, PENELITI MEWAWANCARAI TIGA ORANG GURU PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SEBUAH UNIVERSITAS SWASTA DI YOGYAKARTA. ADA BEBERAPA TEMUAN YANG DITEMUKAN DALAM WAWANCARA TERSEBUT. HASIL TEMUAN PERTAMA TENTANG TANTANGAN YANG DIHADAPI GURU DALAM MENERAPKAN CLT ADALAH KETERBATASAN RUANG UNTUK MENJALANKAN KEGIATAN, ALOKASI WAKTU YANG TERBATAS, SIKAP SISWA YANG RENDAH TERHADAP KEGIATAN CLT, PERSEPSI YANG BERBEDA TENTANG CLT ANTARA GURU DAN SISWA, KESULITAN UNTUK MEMILIH STRATEGI PENGAJARAN YANG TEPAT, MENGHADAPI SISWA YANG KURANG PERCAYA DIRI SELAMA KEGIATAN CLT DAN MENUNTUT ENERGI EKSTRA MENGHADAPI SISWA YANG KURANG MAHIR BERBAHASA. HASIL TEMUAN KEDUA TENTANG STRATEGI YANG DIHADAPI GURU DALAM MENERAPKAN CLT YAITU MENERAPKAN KEGIATAN CLT DI KELAS YANG HANYA DILIHAT OLEH TEMAN SEKELASNYA, MENYIAPKAN SILABUS PENGAJARAN, MENDORONG SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MEREKA, MEMBEKALI SISWA DENGAN MENDORONG KEGIATAN UNTUK BERBICARA, MEMPEKERJAKAN SISWA SENIOR UNTUK MEMBANTU MEMFASILITASI KELAS, MEMILIKI AKSES SISWA MENDAPATKAN BANTUAN DAN MENEKANKAN VISI PENGAJARAN. TUJUAN DARI PENELITIAN INI ADALAH KARENA DI KALANGAN SARJANA CLT MASIH DIPERDEBATKAN DALAM MENERAPKAN METODE TERSEBUT. MENURUT PARA PESERTA MEREKA JUGA MENGHADAPI TANTANGAN DAN STRATEGI SAAT MENERAPKAN BESERTA STRATEGINYA UNTUK MENGATASI TANTANGAN YANG DIBERIKAN DAN GURU MERASA SULIT UNTUK MEMILIH STRATEGI YANG TEPAT.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SPEAKING, CLT, CHALLENGES, STRATEGIES. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 May 2022 03:47 |
Last Modified: | 18 May 2022 03:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29280 |