YOPY AGUNG PRAYOGA (2022) THE EXPERIENCE OF PRE-SERVICE TEACHERS PARTICIPATING IN SYNCHRONOUS ONLINE LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (333kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Bab I.pdf
Download (103kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (706kB)
Abstract
TUJUAN DARI PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGEKSPLORASI PENGALAMAN DAN PERSPEKTIF GURU PRAJABATAN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SINKRON. PENELITI HANYA MEMFOKUSKAN PADA GURU PRAJABATAN DARI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SEBUAH INSTITUSI SWASTA DI YOGYAKARTA YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN SINKRON ONLINE. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF UNTUK MENGETAHUI DAN MENYELIDIKI INFORMASI YANG LEBIH RINCI TENTANG TOPIK TERSEBUT. PENELITI MENGGUNAKAN WAWANCARA SEBAGAI TEKNIK PENGUMPULAN DATA. SEJUMLAH 6 MAHASISWA ANGKATAN 2017, 2018 DAN 2019 PADA ELED DI SALAH SATU PERGURUAN TINGGI SWASTA DI YOGYAKARTA MENGAJUKAN DIRI UNTUK MENGIKUTI PENELITIAN INI. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA PRE-SERVICE TEACHER MENDENGARKAN PRESENTASI PERKULIAHAN, DOSEN MENJELASKAN MATERI, DOSEN MEMBUKA SESI DISKUSI KELOMPOK MELALUI TIM MS, ZOOM, ATAU GOOGLE MEET. KEDUA, DISKUSI KELOMPOK DAN PRESENTASI, GURU PRAJABATAN MEMPRESENTASIKAN HASIL DISKUSI BAIK SECARA KELOMPOK MAUPUN INDIVIDU. KEMUDIAN, KEGIATAN TERAKHIR ADALAH MENGERJAKAN TUGAS SEBELUM KELAS BERAKHIR. HASIL PENELITIAN MENGUNGKAPKAN BAHWA GURU PRAJABATAN MENGALAMI DAMPAK POSITIF YAITU FLEKSIBILITAS DALAM BELAJAR, BERBAGAI CARA BELAJAR, INTERAKSI LANGSUNG, DAN PEMBELAJARAN YANG LEBIH MANDIRI. DI SISI LAIN, PENELITI MENEMUKAN DAMPAK NEGATIF YANG DITERIMA OLEH GURU PRAJABATAN. DAMPAK NEGATIFNYA ADALAH PESERTA TIDAK MENGIKUTI PEMBELAJARAN SINKRON ONLINE KARENA KONEKSI INTERNET YANG TIDAK STABIL, KURANGNYA KOMUNIKASI, PESAN YANG TIDAK TERSAMPAIKAN, DAN PERASAAN TERISOLASI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SYNCHRONOUS LEARNING, ONLINE LEARNING, COVID-19, PRE-SERVICE ENGLISH TEACHERS |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 13 May 2022 03:37 |
Last Modified: | 13 May 2022 03:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29285 |