YOPY AGUNG PRAYOGA (2022) THE EXPERIENCE OF PRE-SERVICE TEACHERS PARTICIPATING IN SYNCHRONOUS ONLINE LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
Abstract
TUJUAN DARI PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGEKSPLORASI PENGALAMAN DAN PERSPEKTIF GURU PRAJABATAN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SINKRON. PENELITI HANYA MEMFOKUSKAN PADA GURU PRAJABATAN DARI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SEBUAH INSTITUSI SWASTA DI YOGYAKARTA YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN SINKRON ONLINE. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF UNTUK MENGETAHUI DAN MENYELIDIKI INFORMASI YANG LEBIH RINCI TENTANG TOPIK TERSEBUT. PENELITI MENGGUNAKAN WAWANCARA SEBAGAI TEKNIK PENGUMPULAN DATA. SEJUMLAH 6 MAHASISWA ANGKATAN 2017, 2018 DAN 2019 PADA ELED DI SALAH SATU PERGURUAN TINGGI SWASTA DI YOGYAKARTA MENGAJUKAN DIRI UNTUK MENGIKUTI PENELITIAN INI. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA PRE-SERVICE TEACHER MENDENGARKAN PRESENTASI PERKULIAHAN, DOSEN MENJELASKAN MATERI, DOSEN MEMBUKA SESI DISKUSI KELOMPOK MELALUI TIM MS, ZOOM, ATAU GOOGLE MEET. KEDUA, DISKUSI KELOMPOK DAN PRESENTASI, GURU PRAJABATAN MEMPRESENTASIKAN HASIL DISKUSI BAIK SECARA KELOMPOK MAUPUN INDIVIDU. KEMUDIAN, KEGIATAN TERAKHIR ADALAH MENGERJAKAN TUGAS SEBELUM KELAS BERAKHIR. HASIL PENELITIAN MENGUNGKAPKAN BAHWA GURU PRAJABATAN MENGALAMI DAMPAK POSITIF YAITU FLEKSIBILITAS DALAM BELAJAR, BERBAGAI CARA BELAJAR, INTERAKSI LANGSUNG, DAN PEMBELAJARAN YANG LEBIH MANDIRI. DI SISI LAIN, PENELITI MENEMUKAN DAMPAK NEGATIF YANG DITERIMA OLEH GURU PRAJABATAN. DAMPAK NEGATIFNYA ADALAH PESERTA TIDAK MENGIKUTI PEMBELAJARAN SINKRON ONLINE KARENA KONEKSI INTERNET YANG TIDAK STABIL, KURANGNYA KOMUNIKASI, PESAN YANG TIDAK TERSAMPAIKAN, DAN PERASAAN TERISOLASI.
Dosen Pembimbing: | FITRIA RAHMAWATI, S.PD., M.HUM. | NIDN0519108701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | SYNCHRONOUS LEARNING, ONLINE LEARNING, COVID-19, PRE-SERVICE ENGLISH TEACHERS |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 13 May 2022 03:37 |
Last Modified: | 13 May 2022 03:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |