YULINDA SURYA CAHYANI PUTRI (2022) STUDI KOMPARASI KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) MENGGUNAKAN SURVEI HOSPITAL CONSUMER ASSESSMENT HEALTHCARE PROVIDERS AND SYSTEMS (HCAHPS) ANTARA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DAN RUMAH SAKIT SWASTA DI PROVINSI D.I.YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (704kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Bab I.pdf
Download (143kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
LATAR BELAKANG: KEPUASAN PASIEN MERUPAKAN SEBUAH INDIKATOR PENTING DARI EFEKTIFITAS, KUALITAS, DAN KEBERHASILAN PELAYANAN KESEHATAN. HCAHPS ADALAH INSTRUMEN SURVEI YANG DIDALAMNYA TERDAPAT 29 ITEM PERTANYAAN DAN MERUPAKAN METODOLOGI PENGUMPULAN DATA UNTUK MENGUKUR PERSEPSI PASIEN TENTANG PENGALAMAN RAWAT INAP KETIKA DI RUMAH SAKIT. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGSTUDI KOMPARASI KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) MENGGUNAKAN METODE HOSPITAL CONSUMER ASSESSMENT HEALTCARE PROVIDERS AND SYSTEMS (HCAHPS) ANTARA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DENGAN RUMAH SAKIT SWASTA DI PROVINSI D.I YOGYAKARTA. METODE: JENIS PENELITIAN KUANTITATIF DENGAN PENDEKATAN SURVEY ANALITIK MENGGUNAKAN METODE CROSS SECTIONAL STUDY. POPULASI SEMUA PASIEN RAWAT INAP DENGAN ASURANSI JKN. JUMLAH SAMPEL DI RSUD SEBANYAK 208 ORANG DAN RS SWASTA SEBANYAK 191 ORANG. ANALISIS DATA MENGGUNAKAN MANN WHITNEY DAN CHI- SQUARE. HASIL DAN PEMBAHASAN: HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKKAN TIDAK TERDAPAT PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RSUD DAN RS SWASTA PROVINSI D.I YOGYAKARTA. HASIL PENGUJIAN CROSSTABULATION HUBUNGAN ANTARA KELAS BPJS PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN DI RSUD DAN HASIL PENGUJIAN CROSSTABULATION HUBUNGAN ANTARA KELAS BPJS PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN NASIONAL DI RS PKU KEDUANYA DIDAPATKAN HASIL NILAI SIGNIFIKANSI MASING-MASING DIATAS NILAI = 0,05 SEHINGGA TIDAK TERDAPAT HUBUNGAN ANTARA KELAS BPJS PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN DI RSUD MAUPUN DI RS SWASTA. KESIMPULAN: TIDAK TERDAPAT PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN MENGGUNAKAN METODE HCAHPS DI RSUD DAN RS SWASTA DI PROVINSI D. I. YOGYAKARTA SERTA TIDAK ADA HUBUNGAN YANG SIGNIFIKAN ANTARA KELAS BPJS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKN DI RSUD DAN DI RS SWASTA DI PROVINSI D. I. YOGYAKARTA.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KATA KUNCI: TINGKAT KEPUASAN PASIEN, PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL, HCAHPS KEYWORDS: PATIENT SATISFACTION, NATIONAL HEALTH INSURANCE, HCAHPS |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 07:56 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 07:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29329 |