RUSLAN FARIADI AM (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN NABI MUHAMMAD PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (586kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Bab I.pdf
Download (394kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (766kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (747kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya kemampuan pendidik dalam menggunakan strategi pembelajaran, sebagian disebabkan oleh sikap spekulatif dan kurangnya pengetahuan pendidik terhadap keragaman dan pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keragaman strategi pembelajaran Nabi Muhammad, pertimbangan beliau dalam memilih strategi pembelajaran, mengidentifikasi dampak strategi pembelajaran beliau terhadap psikologi peserta didik, dan menemukan relevansinya dengan strategi belajar saat ini. Jenis penelitian ini adalah Library Research dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan tekhnik dokumentasi, dan analisa data menggunakan deskriptif analitis dengan tiga tahapan; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sumber primernya berasal dari kitab-kitab hadis yang otoritatif dan sumber-sumber lain yang terkait dengan tema. Penelitian ini menghasilkan, bahwa Nabi Muhammad menggunakan tujuh macam strategi pembelajaran yang diimplementasikan dalam dua belas metode pembelajaran. Dalam memilih jenis strategi pembelajaran, Nabi Muhammad mendasarkan pada pertimbangan situasi dan kondisi, aspek psikologi peserta didik, materi pembelajaran, intlektualitas peserta didik, kebutuhan peserta didik, tujuan pembelajaran, dan untuk membangkitkan kuriositas peserta didik, sehingga memiliki dampak yang kuat terhadap psikologi peserta didik, dan relevan dengan strategi pembelajaran yang dikembangkan saat ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 May 2022 03:54 |
Last Modified: | 19 May 2022 03:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29706 |