DEVELOPMENT OF SERVANT LEADERSHIP THROUGH E-MENTORING (CASE STUDY: STATE ADMINISTRATION AGENCY)

MELDA SILFIANA (2022) DEVELOPMENT OF SERVANT LEADERSHIP THROUGH E-MENTORING (CASE STUDY: STATE ADMINISTRATION AGENCY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor rendahnya kinerja Pegawai Negeri Sipil adalah faktor kepemimpinan. Oleh karena itu, pembinaan dan pelatihan kepemimpinan sangat diperlukan terutama dalam kepemimpinan yang melayani karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat melayani masyarakatnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengembangan kepemimpinan pelayan melalui e-mentoring: studi kasus di Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data sekunder yang dikumpulkan dari website instansi (lan.go.id, inoland.lan.go.id, asn-unggul.lan.go.id). Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu servant leadership dan e-mentoring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel servant leadership dan variabel e-mentoring memiliki hubungan satu sama lain. Hal ini didasarkan pada penerapan e-mentoring untuk menjadikan birokrasi pemerintah lebih unggul dan profesional. Hal ini sejalan dengan sembilan indikator yang ada bahwa pelayanan merupakan indikator yang paling mempengaruhi pembentukan karakter kepemimpinan yang melayani. Sedangkan untuk e-mentoring, keterampilan teknologi adalah manfaat yang paling banyak diperoleh dalam implementasi ini. Kemajuan teknologi dan digitalisasi akan menjadikan seorang pemimpin unggul dalam pelayanannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SERVANT LEADERSHIP, E-MENTORING, SERVICE
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 May 2022 02:05
Last Modified: 19 May 2022 02:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29736

Actions (login required)

View Item
View Item