STRATEGI DAKWAH DI ERA PANDEMI (STUDI KASUS MAJELIS TABLIGH PIMPINAN PUSAT AISYIYAH)

DEVI ANGGRAENI (2022) STRATEGI DAKWAH DI ERA PANDEMI (STUDI KASUS MAJELIS TABLIGH PIMPINAN PUSAT AISYIYAH). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kondisi pandemi Covid -19 menuntut semua kegiatan menjadi terbatas, hal ini mendorong manusia untuk berpikir kreatif. Segala kegiatan beralih pada kegiatan virtual, hal ini memunculkan tantangan baru dalam kegiatan dakwah, munculnya figur – figur baru dalam dakwah terjadi semakin masif hal ini tentunya menambah pilihan baru sehingga memudahkan masyarakat untuk memilih ceramah sesuai dengan keinginannya, namun masyarakat cenderung melihat hanya dari hal –hal yang menarik dari figur tersebut sementara kedalaman ilmu dari figur tersebut kadang tidak menjadi tolak ukur. Penelitian ini, membahas bagaimana Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Aisyiyah sebagai organisasi perempuan yang memiliki otoritas keagamaan dalam menjalankan strategi dakwah khususnya di era pandemi dengan menghadapi tantangan-tantangan baru dalam dakwah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan wawancara. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengelaborasi pendekatan Cutlip dan Center mengadopsi dari strategi public relations yang dimulai dari fact finding, planning, communication, serta evaluation (Center’s, 2013). Hasil dari penelitian ini dalam menjalankan strategi dakwah di masa pandemi, Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Aisyiyah menerapkan asas- asas dalam strategi dakwah yaitu, menggunakan pendekatan sosial dengan bersikap terbuka, menerapkan asas achievement professional, menerapkan asas psikologis dalam melihat mad’u, melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan pelatihan- pelatihan seperti pelatihan public speaking dan pelatihan media, serta selalu melakukan monitoring serta evaluasi dalam pelaksanaan dakwah di era pandemi ini.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:45
Last Modified: 20 Apr 2022 02:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29803

Actions (login required)

View Item
View Item