KUALITAS PELAYANAN INFORMASI MELALUI E-GOVERNMENT PADA TINGKAT KALURAHAN (STUDI KASUS PADA APLIKASI SIMPELDESA DI KALURAHAN SAMBIREJO)

LIA NANDA INDRIANI (2022) KUALITAS PELAYANAN INFORMASI MELALUI E-GOVERNMENT PADA TINGKAT KALURAHAN (STUDI KASUS PADA APLIKASI SIMPELDESA DI KALURAHAN SAMBIREJO). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGANALISIS LEBIH DALAM MENGENAI KUALITAS PELAYANAN INFORMASI MELALUI E-GOVERNMENT PADA TINGKAT KALURAHAN DENGAN STUDI KASUS PADA APLIKASI SIMPELDESA (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PELAYANAN DESA) YANG BERADA DI KALURAHAN SAMBIREJO, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE PENELITIAN KUALITATIF DENGAN PENDEKATAN STUDI KASUS, YAITU STUDI KASUS PADA APLIKASI SIMPELDESA. TEKNIK PENGUMPULAN DATA IALAH DENGAN TEKNIK WAWANCARA DAN STUDI DOKUMENTASI. PENGAMBILAN DATA PADA TEKNIK WAWANCARA DILAKUKAN KEPADA LURAH SAMBIREJO, STAFF KESEKRETARIATAN (TEKNOLOGI INFORMASI), DAN 10 MASYARAKAT KALURAHAN SAMBIREJO, DITUNJUKAN UNTUK MENDAPATKAN DATA PRIMER SEBAGAI DATA POKOK PADA PENELITIAN INI. SEDANGKAN TEKNIK STUDI DOKUMENTASI DIGUNAKAN UNTUK MENDAPATKAN DATA PENDUKUNG YANG DIDAPAT DARI ARSIP DATA KALURAHAN SAMBIREJO DAN SUMBER TERTULIS LAINNYA. HASIL DARI PENELITIAN INI MENUNJUKAN BAHWA PADA VARIABEL PELAYANAN PUBLIK, INDIKATOR YANG TELAH TERLAKSANA DENGAN BAIK IALAH INDIKATOR KEJELASAN, KEPASTIAN, AKURASI, KEAMANAN, TANGGUNG JAWAB, SARANA DAN PRASARANA, KEDISIPLINAN DAN KENYAMANAN. INDIKATOR PADA PELAYANAN PUBLIK YANG BELUM TERLAKSANA IALAH INDIKATOR KESEDERHANAAN DAN JUGA KEMUDAHAN AKSES. YANG MENYEBABKAN INDIKATOR TERSEBUT BELUM TERLAKSANA DENGAN BAIK IALAH DIKARENAKAN MASIH TERDAPAT ADANYA KESENJANGAN DIGITAL YANG MENGHAMBAT PROSES PELAYANAN PUBLIK SECARA ONLINE MENGGUNAKAN SIMPELDESA. PADA VARIABEL MODEL, INDIKATOR YANG SUDAH TERLAKSANA DENGAN BAIK IALAH INDIKATOR PENGEMBANGAN KEPERCAYAAN. SEDANGKAN INDIKATOR YANG BELUM TERLAKSANA DENGAN BAIK IALAH INDIKATOR PENYELENGGARAAN PELAYANAN DAN JUGA PENCAPAIAN HASIL. YANG MEMBUAT KEDUA INDIKATOR TERSEBUT BELUM TERLAKSANA DENGAN BAIK IALAH KARENA PADA KEDUA INDIKATOR TERSEBUT MASIH TERDAPAT KESENJANGAN DIGITAL, YANG MANA KESENJANGAN TERSEBUT SALING MEMPENGARUHI BERJALANNYA TIAP-TIAP INDIKATOR. PADA VARIABEL E-GOVERNMENT, INDIKATOR YANG SUDAH TERLAKSANA DENGAN BAIK IALAH INDIKATOR VALUE. SEDANGKAN INDIKATOR YANG BELUM SEPENUHNYA TERLAKSANA IALAH INDIKATOR CAPACITY DAN SUPPORT. YANG MENYEBABKAN KEDUA INDIKATOR TERSEBUT BELUM TERLAKSANA DENGAN BAIK IALAH KARENA MASIH ADA RESPON MASYARAKAT YANG TIDAK MENDUKUNG ADANYA PELAYANAN ONLINE DIKARENAKAN MEREKA TIDAK PAHAM TEKNOLOGI INFORMASI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: PELAYANAN PUBLIK, E-GOVERNMENT, SIMPELDESA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:38
Last Modified: 20 Apr 2022 02:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29811

Actions (login required)

View Item
View Item