Penerapan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dalam Motivasi Belajar Al-Qur’an pada Anak di TPQ Yaa Bunayya Masjid Al-Mustaqiem

FIFI ATMAWATI (2022) Penerapan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dalam Motivasi Belajar Al-Qur’an pada Anak di TPQ Yaa Bunayya Masjid Al-Mustaqiem. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan pola asuh demokratis orang tua dalam motivasi belajar Al-Qur’an pada anak di TPQ Yaa Bunayya Masjid Al-Mustaqiem. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penerapan pola asuh demokratis orang tua dalam motivasi belajar Al-Qur’an pada anak serta mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan dalam data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan pola asuh demokratis orang tua dalam motivasi belajar Al-Qur’an pada anak di TPQ Yaa Bunayya Masjid Al-Mustaqiem memiliki beberapa aspek yaitu orang tua memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih dan melakukan suatu perbuatan yang diinginkan tetapi tetap dalam pengawasan dan arahan, orang tua menerapkan aturan-aturan yang berbeda tentang cara dalam mengajarkan Al-Qur’an terhadap anak yang tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan dorongan terhadap anak agar dapat belajar Al-Qur’an dengan baik, orang tua mendorong atau mengajak anak untuk berkomunikasi mengenai masalah yang dihadapi ketika belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), orang tua mempunyai sikap/rasa perhatian terhadap anak dengan tujuan agar anak tetap terpantau dan semangat dalam belajar Al-Qur’an, serta orang tua berupaya membimbing agar anak kedepannya dapat berkembang dengan baik. (2) Faktor pendukung pola asuh demokratis orang tua dalam motivasi belajar Al-Qur’an anak meliputi: adanya media pembelajaran yang menarik untuk anak belajar di TPQ Yaa Bunayya, pengajar TPQ yang selalu berusaha menciptakan kegiatan variatif, sehingga anak terus semangat dalam mengikuti pembelajaran di TPQ Yaa Bunayya, anak tidak pernah mengeluh, selalu berusaha untuk belajar Al-Qur’an, serta lingkungan yang baik, sehingga dapat membantu dalam motivasi belajar Al-Qur’an anak. Sedangkan faktor yang menghambat meliputi: terdapat perubahan suasana hati anak, anak masih kesusahan dalam memahami makhroj dan tajwid, serta kurangnya kompetensi sosial terhadap anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DEMOCRATIC PARENTING, PARENTS, MOTIVATION TO LEARN AL-QUR'AN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 May 2022 07:21
Last Modified: 19 May 2022 07:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29887

Actions (login required)

View Item
View Item