BARID ARDHI PUTRA ALYUSFI (2022) KARAKTERISTIK SAMBUNGAN HIGH DENSITY POLYETHYLENE MENGGUNAKAN FRICTION STIR SPOT WELDING THREADED CYLINDRICAL PIN TOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (861kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Bab I.pdf
Download (244kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (808kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
FRICTION STIR SPOT WELDING (FSSW) ADALAH METODE PENGELASAN TITIK DENGAN SEBUAH PIN TOOL YANG BERPUTAR DAN DIGERAKKAN TURUN SECARA VERTIKAL PADA SAMBUNGAN TUMPANG ATAU LAP JOINT. PENEGALASAN FSSW MEMANFAATKAN PANAS GESEKAN SEBAGAI ENERGI UTAMA UNTUK MELEBURKAN MATERIAL LAPISAN ATAS DAN BAWAH. PARAMETER KECEPATAN PUTAR TOOL DAN DWELL TIME SANGAT MEMPENGARUHI KARAKTERISTIK SAMBUNGAN YANG BERPERAN DALAM MENCIPTAKAN PANAS DAN KETEBALAN NUGGET. HDPE (HIGH-DENSITY POLYETHYLENE) DIGUNAKAN SEBAGAI MATERIAL PENELITIAN FSSW KARENA SIFATNYA YANG KUAT, LENTUR, DAYA TAHAN TINGGI DAN MEMILIKI KEKUATAN TENSILE YANG TANGGUH. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBEBANAN SUHU, PENGARUH VARIASI KECEPATAN PUTAR DAN DWELL TIME TERHADAP KARAKTERISTIK SAMBUNGAN HDPE MENGGUNAKAN THREAD CYLINDRICAL PIN TOOL DENGAN METODE FSSW. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE PENGELASAN FSSW, PADA MATERIAL HDPE TEBAL 3 MM DIMENSI 40 MM X 110 MM. PENYETELAN PARAMETER MENGGUNAKAN VARIASI KECEPATAN PUTAR TOOL 10000-11000 (RPM) DAN DWELL TIME 7-11 DETIK. FEED RATE DAN PLUNGE DEPTH DIBUAT KONSTAN PADA 2 MM/S DAN 5.6 MM. PROSES PENGELASAN DILAKUKAN SECARA RETRACTING (DELAY TIME = 0) DAN DIUJI MENGGUNAKAN PENGUJIAN TARIK, PENGUJIAN KEKERASAN, DAN PENGUJIAN STRUKTUR MAKRO. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA VARIASI N 11000 RPM / 11 S MENGHASILKAN KAPASITAS BEBAN TARIK TERTINGGI DENGAN NILAI 273.98 (N), TEGANGAN TARIK GESER 0.388 (N/M?2;), DAN TINGKAT KEKERASAN POINT 1 = 55, POINT 2 = 39, DAN POINT 3 = 50. SEMAKIN TINGGI NILAI KECEPATAN PUTAR TOOL DAN DWELL TIME, PANAS YANG DIHASILKAN AKAN TINGGI DAN DISTRIBUSINYA SEMAKIN LUAS. PEMANASAN YANG MAKSIMAL MEMUNGKINKAN TERCIPTANYA WELD BOND AREA LUAS DAN NUGGET YANG TEBAL SERTA MENINGKATKAN KEKUATAN LAS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ROTATIONAL SPEED, DWELL TIME, FSSW, HDPE |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 May 2022 04:19 |
Last Modified: | 19 May 2022 04:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29996 |