PERAN KETERLIBATAN DIGITAL ORANG TUA TERHADAP ANAK SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

SALSABILA HARIS OKI NADA (2022) PERAN KETERLIBATAN DIGITAL ORANG TUA TERHADAP ANAK SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran keterlibatan digital orang tua terhadap anak selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui metode wawancara semiterstruktur, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran keterlibatan digital orang tua terhadap anak selama pembelajaran jarak jauh di desa Mekar Jaya masih belum dapat dikatakan baik. (1) Orang tua yang menjadi partisipan dalam penelitian adalah mereka yang merupakan ibu muda. Di mana mereka berusia dari 23 tahun sampai dengan 35 tahun. Mereka merupakan orang tua muda yang sudah paham akan informasi dan teknologi. Akan tetapi untuk mengawasi serta membantu anak dalam proses belajar selama masa pandemic yang dilakukan secara jarak jauh, mereka mengungkapkan bahwa mereka masih merasa kesulitan dan juga kerepotan dalam menghadapinya. (2) Peran keterlibatan digital orang tua dalam mengawasi serta membantu dalam proses belajar adalah dengan membantu anak mendapatkan serta mengakses informasi yang diberikan guru melalui grup WhatsApp dan akan memberikan bantuan ketika anak mengalami kesulitan dalam mencerna materi dengan membantu memberikan jawaban yang telah dicari melalui buku ataupun mesin pencarian di dalam gadget seperti google, atau youtube. (3) Kendala dan hambatan yang ditemui para orang tua selama mengawasi dan membantu anak dalam pembelajaran jarak jauh meliputi kendala jaringan, paket kuota data internet, dan anak yang menjadi susah belajar yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 18 May 2022 05:39
Last Modified: 18 May 2022 05:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30014

Actions (login required)

View Item
View Item