KEBIJAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

SYAFIRA NUR ALIF (2022) KEBIJAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta baik secara regulasi dan implementasi yang mencangkup planning, pelaksanaan dan evaluasi PJJ. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi yang digunakan SMA Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan surat edaran yang diturunkan dari pemerintah pusat dan dari yayasan Muhammadiyah. Kebijakan PJJ pada kurikulum mengatur mengenai materi esensial dan non esensial. Begitu juga dengan pengurangan waktu pembelajaran yang sangat terbatas yang telah diatur dalam RPP khusus. Kendala kebijakan PJJ terdapat masalah masing-masing baik yang dialami oleh guru dan siswa mulai dari sinyal yang susah dijangkau, motivasi belajar siswa yang terus menurun, kepercayaan diri siswa yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan. Evaluasi kebijakan terkait PJJ terus dimonitoring oleh Bailaidikmen dan PDM secara rutin dan berkala selain itu untuk evaluasi pembelajaran selama pandemic guru mengandalkan hasil ujian-ujian melalui Gogggleform baik dalam bentuk portofolio maupun dokumentasi tugas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta baik secara regulasi dan implementasi yang mencangkup planning, pelaksanaan dan evaluasi PJJ. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi yang digunakan SMA Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan surat edaran yang diturunkan dari pemerintah pusat dan dari yayasan Muhammadiyah. Kebijakan PJJ pada kurikulum mengatur mengenai materi esensial dan non esensial. Begitu juga dengan pengurangan waktu pembelajaran yang sangat terbatas yang telah diatur dalam RPP khusus. Kendala kebijakan PJJ terdapat masalah masing-masing baik yang dialami oleh guru dan siswa mulai dari sinyal yang susah dijangkau, motivasi belajar siswa yang terus menurun, kepercayaan diri siswa yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan. Evaluasi kebijakan terkait PJJ terus dimonitoring oleh Bailaidikmen dan PDM secara rutin dan berkala selain itu untuk evaluasi pembelajaran selama pandemic guru mengandalkan hasil ujian-ujian melalui Gogggle Classroom baik dalam bentuk portofolio maupun dokumentasi tugas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LEARNING POLICY AND IMPLEMENTATION, DISTANCE EDUCATION, COVID 19 PANDEMIC, MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA HIGH SCHOOL
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 18 May 2022 04:21
Last Modified: 18 May 2022 04:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30043

Actions (login required)

View Item
View Item