Temy Safitri Warlina (2021) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DIY DALAM MEMPERKENALKAN APLIKASI E-LAPOR DIY 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (709kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Bab I.pdf
Download (438kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (584kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
<p>Diskominfo memanfaatkan perkembangan teknologi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk masyarakat, dalam bentuk aplikasi yaitu aplikasi E-Lapor DIY. Untuk memperkenalkan aplikasi E-Lapor DIY, Diskominfo melakukan beberapa strategi komunikasi dengan tahap-tahap seperti penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pengukuran hingga evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis sumber data yang didapatkan yaitu berupa data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan dengan cara mewawancarai informan kunci di Diskominfo yaitu Humas dan Admin yang menangani aplikasi tersebut. Sedangkan data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen Diskominfo serta internet. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini akan memaparkan strategi komunikasi Humas Diskominfo dalam meningkatkan jumlah pengguna aplikasi E-Lapor DIY. Tahap perencanaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan penelitian di instagram, Memilih bahasa yang mudah dipahami semua kalangan. Memperkenalkan aplikasi dengan media instagram, youtube, TV, radio, berita online koran dan banner. Mengelompokkan target sasaran berdasarkan usia perkabupaten. Memilih admin E-Lapor DIY sebagai komunikator. Dari semua tahap perencanaan yang sudah dilakukan, proses penelitian di instagram, pengelompokkan target sasaran, belum dimatangkan dengan baik dalam melaksanakan tahap perencanaan strategi komunikasi aplikasi E-Lapor DIY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan strategi yang beragam seperti Dialog interaktif TV, Dialog interaktif radio, bekerjasama dengan media online dan cetak, Penyebaran banner dibeberapa titik, pemanfaatan media sosial dan pembuatan video animasi yang di bagikan di youtube. Dari semua alat yang digunakan, strategi pemanfaatan media sosial dianggap paling efektif dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan meningkatkan jumlah pengguna aplikasi E-Lapor DIY.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 02:39 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 02:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3012 |