EFEKTIVITAS PROGRAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI KALURAHAN PANGGUNGHARJO,KAPANEWON SEWON,KABUPATEN BANTUL,DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2021

ULFA DWI YANTI (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI KALURAHAN PANGGUNGHARJO,KAPANEWON SEWON,KABUPATEN BANTUL,DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Covid-19 merupakan suatu virus yang mulai menyebar pada penghujung tahun 2019 yang dimulai dari Kota Wuhan China dan kemudian menyebar keseluruh dunia tanpa terkecuali Indonesia. Setiap daerah diberikan kebijakan oleh pemerintah untuk melakukan penanganan terkait penyebaran Covid-19 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan sejauh mana efektivitas pemerintah Kalurahan Panggungharjo dalam pelaksanaan program penanganan Covid-19 di Kalurahan Panggungharjoserta faktor yang mempengaruhi dalam mencapai efektivitas dari pelaksanaan program penanganan Covid-19 di Kalurahan Panggungharjo.

Efektivitas program merupakan pemanfaatan sarana, prasarana, dan sumber daya untuk mendapatkan keberhasilan melalui barang ataupun jasa. Pada konsep ini, efektivitas dapat dijadikan sebagai penunjuk atas keberhasilan atau kegagalan pemerintah dalam membentuk dan melaksanakan kebijakan yang telah di tetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan analisis secara intensif dan terperinci, dengan menggunakan sumber data primer berupa wawancara kepada narasumber dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen kelurahan, untuk selanjutnya dijabarkan dalam pembahasan. Penelitian ini dilakukan di kantor kelurahan Kalurahan Panggungharjo.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan program kegiatan penanganan pandemic Covid-19 di Kalurahan Panggungharjo secara keseluruhan telah berjalan secara efektif. Namun demikian, dari sembilan kegiatan penanganan Covid-19 di Panggungharjo, yang paling efektif dilaksanakan adalah Panggung Tanggap Covid-19 (PTC-19 ), dan Shelter Isolasi. Pencapaian keefektivan kegiatan tersebut ditunjukkan dengan keberhasilan dari kegiatan penanganan Covid-19 di Kalurahan Panggungharjo yang telah mencapai 80%. Hasilpenelitian juga menyimpulkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap efektivitas penanganan Covid-19 di Kalurahan Panggungharjo adalah kemampuan pelaksana program daam mengkoordinir anggota atau pelaksana program. Hal tersebut dikarenakan Covid-19 merupakan pandemi dunia, sehingga untuk penanganannya harus ada kerjasama yang baik dari semua elemen masyarakat, oleh karenanya koordinasi antara pelaksana program dengan masyarakat sangat berpengaruh dalam mensukseskan efektifitas program penanganan Covid-19 .

Bagi warga masyarakat berserta perangkat Kalurahan di daerah lain diharapkan untuk dapat menerapkan proses penanganan Covid-19 sebagaimana yang telah diterapkan di Kalurahan Panggungharjo. Dan hendaknya warga maupunperangkat Kalurahan bersepakat untuk selalu bekerjasama dan gotong royong saling membantu dalam mensukseskan program penanganan Covid-19 , karena program ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kerjasama dari semua pihak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS, PENANGANAN PROGRAM, COVID-19
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 May 2022 04:00
Last Modified: 19 May 2022 04:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30129

Actions (login required)

View Item
View Item