FAUZI AHNAF PRATAMA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSEUM BENTENG VREDEBURG MELALUI MEDIA ONLINE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI MASA PANDEMI COVID-19 (MARET-DESEMBER 2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (59kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (356kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (698kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
AKIBAT ADANYA PANDEMI COVID-19, YOGYAKARTA MENGALAMI PENURUNAN JUMLAH WISATAWAN HINGGA MENCAPAI 50 PERSEN LEBIH DI TAHUN 2020. SEPERTI SALAH SATUNYA MUSEUM BENTENG VREDEBURG YANG SEBELUMNYA MAMPU MENDAPATKAN 1000 PENGUNJUNG PER HARI DAN SETELAH ADANYA PANDEMI COVID-19 MENURUN HANYA 200 PENGUNJUNG PER HARINYA. HAL INI MENGHARUSKAN PIHAK MUSEUM BENTENG VREDEBURG MELAKUKAN UPAYA INOVASI SERTA MEMANFAATKAN MEDIA ONLINE YANG DIMILIKI UNTUK MELAKUKAN PROMOSI DAN PUBLIKASI DALAM UPAYA MENCAPAI TARGET JUMLAH KUNJUNGAN.
TUJUAN PENELITIAN INI UNTUK MENGETAHUI TAHAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSEUM BENTENG VREDEBURG MELALUI MEDIA ONLINE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020. METODE PENELITIAN INI KUALITATIF DESKRIPTIF DENGAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA WAWANCARA MENDALAM DAN STUDI DOKUMEN. INFORMAN PADA PENELITIAN INI YAITU BIDANG KOORDINATOR PERENCANAAN PROGRAM DAN KOORDINATOR PUBLIKASI MUSEUM BENTENG VREDEBURG SERTA PENGUNJUNG MUSEUM BENTENG VREDEBURG PADA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020. UJI VALIDITAS DATA DALAM PENELITIAN INI YAITU TRIANGULASI SUMBER.
HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN YANG DILAKUKAN MUSEUM BENTENG VREDEBURG PADA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 LEBIH BANYAK MEMANFAATKAN WEBSITE DAN INSTAGRAM. BEBERAPA FITUR YANG SERING DIGUNAKAN YAITU IGTV, LIVE INSTAGRAM, HIGHLIGHT STORIES, DAN DIRECT MESSAGE. PESAN YANG DIRANCANG OLEH MUSEUM BENTENG VREDEBURG LEBIH DIKAITKAN DENGAN COVID-19 SEPERTI MENJAGA PROKES DAN PESAN YANG MEYAKINKAN MASYARAKAT BAHWA MUSEUM SIAP UNTUK DIKUNJUNGI. BEBERAPA FASILITAS PROKES COVID-19 DAN INOVASI YANG DILAKUKAN JUGA RUTIN DITAMPILKAN. CAPTION PADA BEBERAPA UNGGAHAN INSTAGRAM JUGA MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTAI DAN KALIMAT AJAKAN. NAMUN PERLU UNTUK DIPERHATIKAN JUGA DALAM MEMBALAS KOMENTAR MELALUI UNGGAHAN INSTAGRAM UNTUK DAPAT DITANGGAPI SUPAYA TERCIPTA INTERAKSI LEBIH DEKAT DENGAN KHALAYAK. KEDEPANNYA PERLU JUGA UNTUK MELAKUKAN KEGIATAN DIRECT MARKETING AGAR DAPAT MENJANGKAU KONSUMEN POTENSIAL TANPA BERTEMU LANGSUNG DAN DAPAT MENGHEMAT BIAYA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMUNIKASI PEMASARAN, MEDIA ONLINE, COVID-19 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 19 May 2022 01:56 |
Last Modified: | 19 May 2022 01:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30349 |