INOVASI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI IMPLEMENTASI GO LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (GO-LAK) TAHUN 2021 (STUDI KASUS: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEBUMEN)

AGUSTINA RESTI SETYONINGSIH (2022) INOVASI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI IMPLEMENTASI GO LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (GO-LAK) TAHUN 2021 (STUDI KASUS: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEBUMEN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (878kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KONDISI SAAT INI DATA KEPENDUDUKAN BERUPA BIODATA PENDUDUK MASIH ADA BEBERAPA ELEMEN DATA PENDUDUK YANG BELUM TEREKAM SECARA BAIK. DISEBABKAN, (1) PENDUDUK TIDAK SEGERA MELAPORKAN ATAS PERUBAHAN DATANYA UNTUK MERUBAH KARTU KELUARGA DARI E-KTP. (2) ADANYA KEENGGANAN PENDUDUK UNTUK MENGURUS DOKUMEN KEPENDUDUKAN. (3) LETAK GEOGRAFIS YANG CUKUP JAUH. UNTUK ITULAH DIPERLUKAN TEROBOSAN-TEROBOSAN ATAU INOVASI PELAYANAN DI BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. RUMUSAN MASALAH YANG AKAN DI AMBIL DALAM PENELITIAN SEBAGAI BERIKUT: BAGAIMANA DAN APA SAJA FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MEMPENGARUHI INOVASI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI IMPLEMENTASI GO-LAK TAHUN 2021 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEBUMEN?

METODE PENELITIAN INI MENGGUNAKAN KUALITATIF DESKRIPTIF. LOKASI PENELITIAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEBUMEN. JENIS DATA MENGGUNAKAN DATA PRIMER DAN DATA SEKUNDER. TEKNIK PENGUMPULAN DATA MELALUI WAWANCARA, OBSERVASI, DAN DOKUMENTASI. TEKNIK ANALISIS DATA DIMULAI DARI PENGUMPULAN DATA, REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA, SERTA PENARIKAN KESIMPULAN DAN VERIFIKASI.

HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA (1) INOVASI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI IMPLEMENTASI GO-LAK TAHUN 2021 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEBUMEN SUDAH MENERAPKAN ATRIBUT INOVASI A) KEUNTUNGAN RELATIF, MENDEKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT SERTA LEBIH EFISIEN WAKTU DAN BIAYA. B) KESESUAIAN, SESUAI DENGAN KEBUTUHAN MASYARAKAT YANG INGIN MENDAPATKAN PELAYANAN YANG CEPAT DAN MUDAH, SOSIALISASI KEPADA MASYARAKAT SUDAH OPTIMAL. C) KERUMITAN, SUDAH MERATANYA PELATIHAN PEGAWAI SERTA SUDAH ADA DANA KHUSUS DARI PEMERINTAH KABUPATEN KEBUMEN UNTUK PELAKSANAAN DAN PENGEMBANGAN INOVASI GO-LAK. D) KEMUNGKINAN DICOBA, INOVASI GO-LAK TELAH DI UJI COBA DAN MENDAPATKAN RESPON YANG BAIK DARI MASYARAKAT SEHINGGA PELAYANAN YANG DIBERIKAN TELAH DILAKUKAN SECARA OPTIMAL SERTA TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP INOVASI GO-LAK SANGAT MEMUASKAN. E) KEMUDAHAN DIAMATI, INOVASI GO-LAK MUDAH DIAMATI KARENA PELAYANAN YANG DIBERIKAN BERSIFAT TERBUKA SERTA PROSEDUR DAN MEKANISME YANG DIBERIKAN SANGAT CEPAT DAN MUDAH. (2) FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MEMPENGARUHI PELAKSANAAN INOVASI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI IMPLEMENTASI GO-LAK TAHUN 2021 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEBUMEN ADALAH ORGANISASI, BUDAYA, DAN SUMBER DAYA MANUSIA.

SARAN DARI PENELITIAN INI ADALAH SEBAIKNYA PELATIHAN DAN KETERAMPILAN PEGAWAI DITINGKATKAN LAGI. SARAN UNTUK PENELITIAN SELANJUTNYA ADALAH PERLU DILAKUKAN PENELITIAN LEBIH LANJUT MENGENAI KUALITAS PELAKSANAAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK GO-LAK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEBUMEN.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: INNOVATION, PUBLIC SERVICE, GO-LAK
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:53
Last Modified: 26 Apr 2022 02:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30408

Actions (login required)

View Item
View Item