ADITYA SURYA WIRA PAMBUDI (2022) PRE-SERVICE TEACHERS' PEDAGOGICAL CHALLENGES AND SOLUTIONS DURING TEACHING ONLINE. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (219kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (453kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
GURU PRAJABATAN MENJALANI PROGRAM WAJIB YAITU PRAKTIK MENGAJAR. PRAKTIK MENGAJAR DILAKUKAN SECARA ONLINE AKIBAT ADANYA PANDEMI COVID-19 PADA TAHUN 2020 YANG MENJADI TANTANGAN TERSENDIRI BAGI MEREKA KARENA BELUM PERNAH MENGHADAPI SITUASI SEPERTI INI. TUJUAN DARI PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGETAHUI KEGIATAN PEMBELAJARAN APA YANG DIRANCANG OLEH GURU PRAJABATAN SAAT MENGAJAR ONLINE, TANTANGAN PEDAGOGIS YANG DIHADAPI GURU PRAJABATAN SELAMA PROGRAM MAGANG MENGAJAR ONLINE DAN SOLUSI UNTUK MASALAH PEDAGOGIS SELAMA PRAKTIK MENGAJAR. PENELITI MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF MELALUI WAWANCARA DAN OBSERVASI DALAM PENGUMPULAN DATA. ENAM GURU PRAJABATAN DARI SEBUAH UNIVERSITAS SWASTA DI YOGYAKARTA BERPARTISIPASI DALAM PENELITIAN INI. PENELITI MENEMUKAN BAHWA GURU PRAJABATAN MENYEDIAKAN BERBAGAI KEGIATAN SAAT MENGAJAR ONLINE SEPERTI DISKUSI KELOMPOK, PENYAMPAIAN MATERI, MENGADAKAN SESI TANYA JAWAB, KUIS DAN TUGAS. SAAT MENGAJAR, GURU PRAJABATAN MENGHADAPI TANTANGAN PEDAGOGIS SEPERTI SIKAP SISWA, SITUASI YANG MEMBOSANKAN, KURANGNYA PENGALAMAN, DAN KETERAMPILAN MENGAJAR ONLINE. GURU PRAJABATAN JUGA TELAH MENERAPKAN BEBERAPA ALTERNATIF SOLUSI SEPERTI MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG KREATIF, MENGAJAR DENGAN PENDEKATAN YANG RAMAH, MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA SISWA UNTUK MENYAMPAIKAN PENDAPAT, BERKONSULTASI DENGAN PENGAWAS SEKOLAH, MENGGUNAKAN PLATFORM PEMBELAJARAN YANG SEDERHANA. DARI HASIL PENELITIAN DITEMUKAN BAHWA GURU PRAJABATAN MEMBERIKAN BERBAGAI KEGIATAN SAAT MENGAJAR SECARA ONLINE SEPERTI DISKUSI KELOMPOK, PENYAMPAIAN MATERI, MENGADAKAN SESI TANYA JAWAB, KUIS DAN TUGAS. SELAIN ITU, GURU PRAJABATAN MENGHADAPI TANTANGAN PEDAGOGIS SEPERTI SIKAP SISWA, KURANGNYA PENGALAMAN DAN KETERAMPILAN MENGAJAR ONLINE. DALAM MENGHADAPI TANTANGAN TERSEBUT, GURU PRAJABATAN JUGA MEMILIKI BEBERAPA ALTERNATIF SOLUSI SEPERTI MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG KREATIF, MENGAJAR DENGAN PENDEKATAN YANG BERSAHABAT, MEMBERIKAN KESEMPATAN SISWA UNTUK MENYAMPAIKAN PENDAPAT, BERKONSULTASI DENGAN PENGAWAS SEKOLAH, MENGGUNAKAN PLATFORM PEMBELAJARAN YANG SEDERHANA.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PRE-SERVICE TEACHER, PEDAGOGICAL CHALLENGES, ONLINE TEACHING, ONLINE LEARNING, TEACHING PRACTICE |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:21 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30523 |