NADIA ROSSA PUTERI (2022) THE ROLE OF BANGTAN SONYEONDAN (BTS) IN CONDUCTING THE UNITED NATIONS PUBLIC DIPLOMACY RELATED TO BULLYING ISSUES. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (563kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (473kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, Korean wave atau yang sering disebut dengan Hallyu sangat terkenal, pertama kali dipopulerkan di China dimulai pada tahun 1993. K-Pop sendiri sejauh ini memiliki tiga generasi sejak kemunculan dan pengakuan K-Pop di masyarakat luas. BTS sebagai salah satu Grup Boyband Korea pada generasi ketiga. Generasi ketiga juga merupakan generasi dimana banyak bermunculan grup-grup baru di industri K-Pop. Popularitas grup K-Pop juga mempengaruhi penjualan album fisik dan digital mereka, yang membuat perekonomian Korea Selatan semakin gemilang. Salah satu album BTS dengan judul “Love Yourself” pertama kali dirilis pada tanggal 18 September 2017. Setelah merilis album tersebut, BTS mengumumkan bahwa mereka telah bergabung dengan UNICEF dan membuat kampanye yaitu “Love Myself”. Kampanye anti kekerasan terhadap anak ini dan bekerjasama dengan UNICEF meluncurkan kampanye global baru “Generation Unlimited” pada Sidang Umum PBB ke-73 untuk menangani isu krisis global yang dihadapi kaum muda. Tesis ini bertujuan untuk membahas peran BTS dalam melakukan diplomasi publik PBB melalui kampanye UNICEF untuk menginspirasi dan mendorong para generasi muda di seluruh dunia. Skripsi ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Dari kampanye ini, BTS adalah Boy band Korea pertama yang mendapat kesempatan terbaik untuk memberikan pidato, dan mereka menyebarkan pengaruh positif pada diplomasi publik PBB.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOREAN WAVE, K-POP, BTS, CAMPAIGN, PUBLIC DIPLOMACY |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 Apr 2022 04:17 |
Last Modified: | 23 Apr 2022 04:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30558 |