FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEGAGALAN TERAPI PERILAKU PADA PENYANDANG AUTISME ANAK

RINI KUSTIANI (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEGAGALAN TERAPI PERILAKU PADA PENYANDANG AUTISME ANAK. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Autisme adalah gangguan perkembangan pervasive yang memiliki gejala khas yang muncul sebelum umur 3 tahun. Pada saat ini jumlah penyandang autisme di seluruh dunia maupun di Indonesia, makin bertambah dengan cepat. Penyandang autisme memerlukan terapi khusus, khususnya terapi perilaku di Sekolah untuk Anak dengan Kebutuhan Khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kegagalan terapi perilaku pada penyandang autisme anak. Faktor-faktor tersebut adalah faktor individu (umur dimulainya terapi, kemampuan berbicara dan berbahasa), faktor keluarga ( jumlah saudara kandung), faktor ibu (kesibukan ibu, peranan ibu). Penelitian ini adalah penelitian kasus kontrol. Kasus dan kontrol berjumlah 10 anak yang mendapat terapi di Lembaga Bimbingan Autisme di Yogyakarta. Untuk analisis digunakan statistik komputer yang sudah sering digunakan dalam penelitian epidemiologi. Selanjutnya akan didapatkan nilai OR (Odds Ration) dari tiap variabel 95% CI dari OR. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan bermakna (p>0,05) pada karakteristik umur mulai terapi (p=0,197), kemampuan bicara dan berbahasa (p=0,435), jumlah saudara kandung (p=0,429), lama terapi per minggu (p=1), kesibukan ibu (p=0,429), dan peranan ibu (p=-0- ,778). Terdapat perbedaan yang tidak bermakna pada umur mulai terapi, kemampuan bicara dan berbahasa, jumlah saudara kandung, lama terapi per minggu, kesibukan ibu dan peranan ibu. Kata kunci : anak, autisme, faktor, terapi
1. Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:31
Last Modified: 19 Apr 2022 07:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30683

Actions (login required)

View Item
View Item