FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DOKTER GIGI MUDA DI RSGMP UMY YOGYAKARTA

Shanderia Allenty (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DOKTER GIGI MUDA DI RSGMP UMY YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masih banyak masyarakat yang kurang percaya terhadap kualitas dokter gigi muda. Hal ini terlihat dari meningkatnya rasa cemas pasien saat akan diperiksa oleh dokter gigi muda. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan dan tingkat kepercayaan pasien, antara lain: usia, tingkat pendidikan, dan pengalaman pasien berkunjung ke dokter gigi. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif dengan rancangan cross-sectional. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut UMY Yogyakarta. Subyek penelitian berjumlah 60 pasien yang akan melakukan perawatan gigi dan mulut pada dokter gigi muda. Analisis data menggunakan uji Sperman's Hasil uji Sperman's untuk nilai signifikansi korelasi tingkat kecemasan pasien menunjukkan bahwa hanya tingkat pendidikan dan tingkat pengalaman yang mempunyai pengaruh terhadap tingkat kecemasan pasien, sedangkan usia pasien tidak mempunyai pengaruh terhadap tingkat kecemasan pasien. Hasil uji Sperman's untuk nilai signifikansi korelasi tingkat kepercayaan pasien menunjukkan bahwa hanya tingkat pendidikan dan tingkat pengalaman yang mempunyai pengaruh terhadap tingkat kepercayaan pasien, sedangkan usia pasien tidak mempunyai pengaruh terhadap tingkat kepercayaan pasien. Semakin tinggi pendidikan dan semakin banyak pengalaman berkunjung ke dokter gigi maka tingkat kecemasan pasien semakin menurun dan tingkat kepercayaan semakin meningkat. Semakin dewasa seseorang beium tentu tingkat kecemasan semakin menurun dan tingkat kepercayaan semakin meningkat.
Katy lcrin•i • IceopmAcnn irenerenvaAn rink-ter aiai miirin

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:18
Last Modified: 20 Apr 2022 06:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30708

Actions (login required)

View Item
View Item