POLA PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERPADU DI SD PUJOKUSUMAN DAN SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN KOTA YOGYAKARTA

Suryanto M.a. (2004) POLA PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERPADU DI SD PUJOKUSUMAN DAN SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran pada sekolah umum mempunyai peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam pembentukan moral. Kegagalan pendidikan agama Islam tidak Jepas dari kelemahan guru agama Islam dalam mengemas dan membawakan mata pelajaran ini. Mereka mengajarkan materi secara lepas-lepas. Padahal idealnya adalah terpadu. tujuan penelitian yang hendak dicapai, adalah untuk mengetahui : 1) Pola Pembinaan Pendidikan Agama Islam Terpadu SD Pujokusuman dan SD Muhammadiyah Karangkajen. 2) Keberhasilan murid mendukung program TPA _ sekolah dalam mendukung pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Terpadu. 3) Faktor pendukung dan penghambat Pembinaan Pendidikan Agama Islam di SD Pujokusuman dan SD Muhammadiyah Karangkajen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif kualitatif yaitu untuk menyatakan suatu keadaan tertentu_ Subyek penelitian ini adalah semua yang terlibat dalam Pola Pembinaan Agama Islam Terpadu yaitu Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Sedang untuk memperoleh informasi dari siswa dapat dilihat pada hasil wawancara secara sederhana. metode pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan analisis induktif. Pola pembinaan Pendidikan Agama Islam Terpadu di Sekolah Dasar Pujokusuman dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangkajen adalah sama yaitu mensinergikan tiga komponen pokok yaitu sekolah, rumah atau keluarga dan masyarakat(masjid). Perbedaan kecil terjadi karena Sekolah Dasar Pujokusuman dengan Taman Pendidikan Al Qur'an sedang Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangkajen dengan praktek mengamalkan ibadah langsung seperti tadarus Al Qur'an 15 menit sebelum jam pertama dan pelaksanaan jamaah dzuhur. Dari hasil penelitian terbukti bahwa siswa yang aktif dan berperan serta dalam pembinaan pendidikan agama Islam di Sekolah Muhammadiyah dan Sekolah Negeri Pujokusman hasil belajar atau nilai Agama Islam mempunyai persentase hasil yang lebih baik dan signifikan memberikan pengaruh yang baik. Faktor pendukung Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Pujokusuman dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangkajen umumnya sama, dengan dukungan semua pihak corlana fa ictrir 1•11.nahnmhnt f 1-Pri 1 (inn cnInh rAtiinvn vane nelik cialah

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:01
Last Modified: 21 Apr 2022 02:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30725

Actions (login required)

View Item
View Item