PEMBELAJARAN IBADAH SALAT PESERTA DIDIK KELAS VI SEKOLAH DASAR SAWAHAN KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

SUTRIYATNO (2008) PEMBELAJARAN IBADAH SALAT PESERTA DIDIK KELAS VI SEKOLAH DASAR SAWAHAN KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dan pengamalan ibadah salat di SD Sawahan kecamatan Jetis Bantul. Subyek penelitian ada 27 siswa Sekolah Dasar Sawahan Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Alat pengumpul data adalah observasi, wawancara,dokumen serta angket. Teknik analisa data menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa dalam pembelajaran ibadah salat di Sekolah Dasar Sawahan dilaksanakan dengan baik dan menunjukkan keberhasilan, dalam kemampuan melaksanakan ibadah salat para siswa cukup berhasil dari 27 siswa yang dijadikan populasi menunjukkan, 25 siswa ( 92,5%) sudah mampu melakukan ibadah salat fardhu dengan sempurna, sedangkan yang 2 siswa ( 7,5 % ) belum bisa melaksanakan dengan sempurna akan tetapi setelah diadakan perbaikan semua bisa. Dalam pengamalan ibadah salat fardhu dari 27 siswa yang telah mengamalkan secara utuh 24 siswa ( 89 % ) yang belum mengamalkan secara utuh 3 siswa ( I I % ) yang belum dilaksanakan salat subuh. Kesimpulan menunjukkan bahwa pembelajaran ibadah salat di Sekolah Dasar Sawahan berhasil dengan baik. Terdapat pula faktor pendukung keberhasilan dalam pembelajaran ibadah salat, yang berasal dari dukungan kepala sekolah dan guru, dewan sekolah serta orang tua/ wall siswa. Terdapat pula faktor penghambat yaitu adanya sebagian kecil orang tun vane, Intrana nerhatian terharian nenaamalan salat siswa ketika di rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:07
Last Modified: 21 Apr 2022 02:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30726

Actions (login required)

View Item
View Item