TRIYONO (2009) HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI TAMAN PENDIDIKAN AL OUR'AN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD AL MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (208kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (288kB)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (646kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (155kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD AL MUJAHDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL
Oleh : TRIYONO NPM : 20060720209
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan : (I) Bagaimana Keaktifan anak dalam kegiatan Taman Pendidikan Al Qur'an di rumah maupun di SD AL Mujahidin, Wonosari. (2) Bagaimana prestasi belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diperoleh siswa kelas 4, 5 dan 6 di SD AL Mujahidin, Wonosari. (3) Adakah hubungan antara Keaktifan mengikuti Taman Pendidikan Al Qur'an dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas 4, 5 dan 6 di SD AL Mujahidin, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4, 5 dan 6 SD AL Mujahidin, Wonosari dengan jumlah populasi 124 siswa. Pengambilan metode pengambilan metode sampel acak. yaitu di dalam pengambilan sample, peneliti memilih dengan cara "mencampur" subyek-subyek dalam populasi sehingga semua subyek dianggap sama yang adapun subyeknya siswa kelas 4, 5 dan 6 yang telah dipilih sejumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket untuk variable Keaktifan mengikuti Taman Pendidikan Al Qur'an dan teknik dokumentasi untuk variabel prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Validitas instrument diukur dengan menggunakan rumus alpha. Hipotesis penelitian diuji dengan teknik korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keaktifan mengikuti Taman Pendidikan Al Qur'an di kalangan siswa SD Al Mujahidin Wonosari tergolong baik, ini ditandai siswa merasa mendapatkan manfaat dari kegiatan Taman Pendidikan Al Qur'an tersebut, sehingga berdampak positif terhadap dirinya. (2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SD AL Mujahidin Wonosari khususnys kelas 4, 5, dan 6 tergolong lebih dari cukup, hal ini didasarkan pada standar nilai yang terdapat dalam raport siswa yakni nilai 70 sedangkan rata-rata nilai siswa adalah 72,26. (3) Keaktifan siswa dalam mengikuti Taman Pendidikan Al Qur'an tidak berhubungan langsung dan signifikan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 04:29 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 04:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30742 |