BUDIREDJO (2007) HUBUNGAN MOTIVASI, MINAT SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN MAMBECA AL-QUR'AN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) SE-KABUPATEN BANTUL. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (214kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (522kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
DAFATR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (616kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
Sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Madrasah
Tsanawiyah, setiap lulusan Madrasah Tsanawiyah harus mampu menerapkan kaidah
ilmu tajwid dalam membaca Al Ouran. Namun fakta empiris menunjukkan bahwa
siswa Madrasah Tsanawiyah ternyata tidak semuanya mampu membaca Al Ouran
secara fasih dan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
motivasi, minat siswa dan perhatian orang tua dengan kemampuan membaca Al
Ouran siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) se-Kabupaten Bantul.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Negeri di
Kabupaten Bantul, sementara itu sebagai sampel penelitian ini adalah 82 siswa kelas
9 (35 siswa MTsN Bantul Kota, 32 siswa MTsN Gondowulung, 15 siswa MTsN
Sumberagung). Metode yang digunakan untuk mengungkapkan hubungan ketiga
variable bebas (motivasi, minat, dan perhatian orang tua) dengan variable tergantung
(kemampuan siswa membaca Al Ouran) adalah metode test membaca Al Ouran dan
metode angket. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan program
SPSS for Window Versi 11.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan analisis korelasi parsial, tidak
ada hubungan antara motivasi siswa dengan kemampuan siswa membaca Al Ouran,
demikian juga antara minat siswa dengan kemampuan siswa membaca Al Ouran.
Sementara itu, antara perhatian orang tua dengan kemampuan siswa membaca Al
Ouran terdapat hubungan yang positif dengan nilai koefisien korelasi parsial sebesar
0,1987 pada p - 0,1. Dengan menggunakan analisis korelasi product moment, ada
korelasi positif dan signifikan antara motivasi siswa, minat siswa, dan perhatian
orang tua dengan kemampuan siswa membaca Al Ouran. Motivasi berpengaruh
sebesar 10,20”0 pada kemampuan membaca Al Ouran, minat berpengaruh sebesar
13,80”6 pada kemampuan membaca Al Ouran sedangkan perhatian orang tua
mempunyai efek sebesar 16,00Y5 pada kemampuan membaca Al Ouran.
Kata-kata kunci : motivasi minat merhatian nrano tua kemamnian membara Al
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 02:46 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 02:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30773 |