STRATEGI MENGATASI KEKERASAN ANAK DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI MADRASAH MU'ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)

HERMANSYAH (2009) STRATEGI MENGATASI KEKERASAN ANAK DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI MADRASAH MU'ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitaian ini dilakukan untuk mengetahui strategi untuk mengatasi kekerasan anak
di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah dan mengetahui tindak kekerasan yang
dilakukan guru terhadap siswa di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang
menampilkan data deskriptif non-hitungan, yang merupakan penggambaran dari
fakta-fakta yang berkaitan dengan bentuk tulisan,

Hasil dalam penelitian ini, dalam institusi Madrasah Mw'allimin belum menerapkan
peraturan khusus atau sistem khusus untuk menangani kekerasan anak dalam sekolah.
Dalam penelitian ini hampir semua pihak yang terkait di Madrasah Mw'allimin
Muhammadiyah pernah melakukan tindakan kekerasan terhadap anak di Madrasah
Mu'allimin, baik dari guru karyawan, mujanib, musyrif bahkan siswa antar angkatan.
Tempat kejadian kekerasan biasanya terjadi di lingkungan kelas dan Asrama. Strategi
untuk mengatasi kekerasan masih menggunakan metode-metode yang dilakukan
sebelumnya, yang melibatkan institusi dan guru atau musyrif. Untuk institusi yang
dilakukan meliputi:(1) Di berikan pendidikan anti kekerasan dan kesadaran hukum
(2) Institusi pendidikan menciptakan iklim yang nyaman dan sehat (3)Mengadakan
Training Pendampingan terutama kepada para Musyrif dan mujanib (4)Lebih
mengutamakan jalan perdamaian dari pada dengan kekerasan (5) Mengoptimalkan
peran Bimbingan Konseling, sebagai guru yang memberikan bimbangan Akademik
kepada para Siswa (6) Koordinasi Dengan Musyrif, sedangkan yang dilakukan oleh
musyrif meliputi : (1) Tindakan administratif (2) Pendekatan personal (3) Siswa.

Usaha-usaha yang dilakuakan di atas diharapkan dapat mengatasi kekerasan yang ada
di Madrasah Muallimin Muhammadiyah. Sehingga suasana dalam proses belajar
mengajar akan lebih nyaman bagi para siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:09
Last Modified: 22 Apr 2022 07:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30803

Actions (login required)

View Item
View Item