ANALISIS DAMPAK LALULINTAS TERHADAP PEMBANGUNAN UTILITAS MALIOBORO PADA SIMPANG BERSINYAL ABU BAKAR ALI YOGYAKARTA

HERNANDA RIYANTO (2017) ANALISIS DAMPAK LALULINTAS TERHADAP PEMBANGUNAN UTILITAS MALIOBORO PADA SIMPANG BERSINYAL ABU BAKAR ALI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Yogyakarta menipaLan salah satu kota besar di Indonesia yang memililci aktivitas lalu lintas yang
cukup kompleks. Aktivitas pada mas jalan yang menyebabLan kemacetan antara lain aldivitas
perdagangan, pedestrian, pgfyfygygy;jt2y JfonstruLsi dan lain sebagainya. Sebagai contoh di kota
Yogyakarta

sendiri akan dibangutt salah satu sarana yaitu Utilitas di kawasan
Malioboro

yang akan mengakibatkan da Rak terhadap kinerja komtniL•i berlangsung. Dampak inilah menjadi salah
lalu lintas pada saat satu pertiinsalahan lalu
lintas yang okan terjadi, khususnya pada Simpang Bersinyal Abu Bakar Ali perlu
dilakukan analisis dampak dari pembangunan Utilitas Malioboro.
Adapun hasil yang didapat dari analisis yang mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)
1997, pada kondisi eksisting diperoleh nilai tundaan sebesar 38,91 det/smp dengan tingkat pelayanan
D (bunik). Pada kondisi dampak dari penu+Ran Jalan Senopati yaitu didapat nilai tundaan simpang
rata- rata sebesar 48,53 det7smp dengan tingkat pelayanan E (buruk sekali). Analisis kinerja
operasi pada simpang Abu Bakar Ali dilakukan dengan 2 alternatif guna meningkatkan k:inerja
simpang. Alternatif 1 yaitu melakukan perancangan ulang waktu siklus dengan hasil tundaan sitnpang
rata-rata sebesar 35,35 det/smp didapat nilai tingkat pelayanan simpang D tbunik). alternatif 2
yaitu melakukan perubahan fase yang pada kondisi eksisting 3 fase menjadi 2 fase don didapat nilai
tundaan simpang rata-rata sebesar 18,69 det/smp dengan tingkat pelayanan C (cukup). Berdasarkan
alternatif yang telah dilakukan, maka direkomendasikan alternatif 2 dengan perubahan fase yang
direkotnendasikan sebagai solusi untuk menigkatkan kinerja pada simpang bersinyal Abu Bakar Ali.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:20
Last Modified: 22 Apr 2022 07:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30805

Actions (login required)

View Item
View Item